Sukses

Nyeri Perut Kiri Atas

17 Mar 2015, 08:52 WIB
Wanita, 17 tahun.

dok, mau tanya kenapa saya sering banget nyeri perut sebelah kiri atas? bahkan sampai kedada? penyakit apa ini dok?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti bahwa Anda merasa terganggu dengan keluhan nyeri pada bagian perut kiri atas. Sebelum mengarah ke diagnosis apa yang menyebabkan nyeri perut kiri atas, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu, bagian tubuh manusia apa saja yang terdapat pada bagian kiri atas.

Keluhan nyeri perut di daerah kiri atas atau dalam bahasa kedokteran disebut  daerah hipokondriak kiri dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Apa saja komponen dari daerah ini? Tentu ada kulit, otot, tulang, selain itu terdapat organ lambung dan limpa.

Salah satu keluhan yang paling umum ditemui terkait nyeri daerah kiri atas yang menjalar ke daerah ulu hati adalah nyeri akibat organ lambung. Keluhan yang dialami pasien meliputi mual, muntah, perut begah dan nyeri ulu hati. Apakah anda memiliki riwayat nyeri ulu hati/ sakit maag?

Sindrom dispepsia merupakan suatu kumpulan gejala saluran cerna terdiri dari perut kembung, terasa penuh sehingga mudah kenyang, perut perih di bagian atas (ulu hati), sering bersendawa, mual, muntah, dll. Dispepsia biasanya disebabkan oleh penyakit ulkus lambung atau kelebihan asam lambung. Jika asam lambung naik ke kerongkongan (refluks) maka disebut GERD (Gastro-esophageal reflux disease).

Faktor-faktor risiko yang mengakibatkan GERD termasuk kehamilan, obesitas, diet lemak tinggi, obat-obatan tertentu, stres, konsumsi tembakau atau alkohol dan sebagainya. Gejala GERD adalah perut yang mulas, rasa asam atau pahit di bagian belakang mulut atau tenggorokan, masalah menelan, mual, nyeri dada, kembung, begah/sesak napas, batuk kering yang lama, dan banyak lainnya.

Namun yang perlu Anda perhatikan adalah apakah ada keluhan lain seperti buang air besar terganggu, nyeri dada, sesak nafas atau keluhan lainnya?

Untuk mengetahui diagnosa suatu penyakit dibutuhkan adanya wawancara medis secara lengkap, pemeriksaan fisik secara menyeluruh. Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter, agar mendapatkan juga terapi yang optimal.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar