Sukses

Sesak Nafas Jika Terpapar Asap Rokok

18 Mar 2015, 14:52 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dear dokter.. sy ingin menanyakan, sy sangat sensitif sekali dengan asap rokok.. jika tidak sengaja terhirup sering sy merasa agak sesak nafas sy, tenggorokan kering bahkan kl rokokny sangat menyengat sampai pusing.. apakh sy hrs cek ke dokter dg keluhan sy tersebut?? Mengingat dampak perokok pasif juga besar, apalgi untuk perempuan Terima kasih dok

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda adalah sesak nafas dan tenggoorkan kering jika terpapar asap rokok. Perlu ditelusuri lebih lanjut berdasarkan data yang Anda berikan mengenai penyebab dari sesak napas yang Anda alami. Faktor pencetus yang memang jelas Anda jabarkan adalah asap rokok namun tidak menutup kemungkinan Anda memiliki pencetus lainnya dan gangguan dari organ pernapasan Anda.

Harus dilakukan wawancara medis lengkap disertai pemeriksaan fisik secara langsung serta mungkin dilakukan pemeriksaan penunjang. Tindak lanjut dapat diambil apabila semua data sudah dikumpulkan dan dapat diambil kesimpulan mengenai penyebab dari keluhan yang Anda alami saat ini.

Apabila hanya berdasarkan data yang Anda berikan, kemungkinan yang terjadi adalah peningkatan sensitifitas Anda terhadap rokok yang dapat dipicu oleh faktor alergi atau gangguan dari organ paru. 

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi langsung ke dokter untuk evaluasi pemeriksaan fisik lebih lanjut dan terapi sesuai dengan penyebab yang ditemukan.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar