Sukses

Kotoran Telinga Mengeras

17 Mar 2015, 13:40 WIB
Wanita, 41 tahun.

anak sy umur 8 tahun jarang sekali membersihkan telinga sehingga kotoran telinga penuh sampai kelihatan. kalo mau dibersihkan selalu menolak. suatu saat sy bersihkan karena kotorannya sdh mengeras dan akhirnya berdarah sejak itu anak sy ogah telinganya di bersihkan. akhirnya dibawa kedokter dan diberi obat tetes. untuk membersihkannya menggunakan apa dok? krn tidak diperbolehkan menggunakan cuton buds. trus dalam 1 bulan berapa kali dibersihkan? terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Cara terbaik untuk membersihkan kotoran telinga adalah mengunjungi Dokter Spesialis THT, terutama apabila anak Anda memiliki jenis kotoran yang menggumpal, yang dapat menurunkan kualitas pendengaran dengan cara menyumbat liang telinga. Dokter pun akan memilih terapi sesuai dengan jenis serumen.

Ada kalanya Dokter akan memberikan cairan pelunak serumen dan kotoran pun akan keluar secara spontan dari liang telinga. Cara lain, Dokter juga dapat melakukan irigasi dengan "membilas" telinga, yang sebelumnya sudah ditetesi dengan pelunak serumen, dengan air hangat. Kontraindikasi dari tindakan ini adalah adanya lubang di gendang telinga. Serumen pun juga dapat diangkat dengan menggunakan alat khusus apabila dirasa perlu.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar