Sukses

BAB Berdarah

17 Mar 2015, 13:50 WIB
Wanita, 27 tahun.

Selamat pagi, sudah beberapa kali ini saya perhatikan waktu BAB ada lendir yang menempel pada tinja, tanpa darah, minggu lalu pada saat BAB ada lendir yang menggumpal juga, seperti keputihan. perut bagian bawah kalau ditekan agak dalam terasa kurang nyaman, bahu - pinggang sebelah kanan terasa sangat capek terkadang sakit pada saat tarik napas. tidak merasa mual, demam, berat badan juga stabil. dan saya sering sembelit "ngeden" karena feses yang keras. pernah suatu kali pada saat kentut ada keluar sedikit lendir berwarna hijau seperti ingus disertai darah. seringkali tinja agak menghitam & keras Mohon penjelasannya dok, Terimakasih.

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah ada lendir pada BAB Anda? Ada baiknya hal ini dipastikan dengan pemeriksaan langsung oleh dokter. Namun jika benar warna kehijauan maka dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalkan karena faktor makanan seperti sayuran tertentu atau karena ada gangguan saluran pencernaan, ada baiknya keluhan Anda di periksa lebih lanjut. Jika ada lendir, maka dapat disebabkan oleh berbagai penyebab diantaranya adalah peradangan usus atau infeksi bakteri. Karena itu, untuk penanganannya tergantung penyebabnya, misal penyebabnya adalah bakteri maka perlu diberikan obat antibiotik.

Untuk dapat menemukan penyebabnya, diperlukan penelusuran lebih lanjut, diantaranya dengan pemeriksaan analisis tinja di laboratorium. Oleh karena itu kami menganjurkan Anda untuk melakukan pemeriksaan analisis tinja di laboratorium, hasil tersebut dapat menunjukkan apakah memang terjadi infeksi bakteri.

Karena itu pun ada beberapa hal yang hendak kami tanyakan kembali:

  • Apakah ada keluhan lain seperti demam dan lain-lain?
  • Bagaimana warna bercak darah pada kotoran anda?
  • Apakah bercak darah selalu anda setiap anda BAB?
  • Apakah ada rasa sakit pada perut anda?

Bila memang ada infeksi bakteri, dapat diberikan obat antibiotik tersebut. Namun demikian, diperlukan pemeriksaan penunjang guna mendapatkan kepastian. Berikut beberapa hal lain mengenai lendir di tinja ketika BAB yang perlu Anda ketahui:

Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca:

Kami sarankan anda memeriksakan kondisi anda ke dokter secara langsung untuk mengetahui secara pasti penyebab dari keluhan yang anda rasakan sehingga mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat.

Salam,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar