Sukses

Analisa Hasil TORCH

16 Mar 2015, 13:36 WIB
Wanita, 34 tahun.

Dok, saat ini saya sedang mengandung 14W5D. Minggu lalu dokter kandungan saya meminta saya untuk melakukan tes TORCH. Hasilnya Anti Rubella igG = Equivocal. Titer: 11, Anti Rubella IgM = Negatif. TV: 0.12, sedangkan Anti CMV IgG = Positif. Titer: 33 dan Anti CMV IgM = Negatif. TV: 0.16. Untuk hasil Anti Toxoplasma IgG = Negatif, Anti Toxoplasma IgM = Negatif. TV: 0.07. Dokter kandungan saya mengatakan bahwa hasil tes saya tersebut kurang baik, dan biasanya akan menyerang bagian kepala bayi. Namun pada saat di USG, bayi saya dalam keadaan sehat dan kepalanya normal. Dokter saya menyarankan agar saya tidak terlalu cape dan menjaga makanan. Namun dokter tidak memberikan saya obat tertentu, hanya vitamin saja (Folavit dan Calplex). Yang ingin saya tanyakan, apa maksud hasil dari hasil tes saya tersebut? Apakah memang kurang baik bagi bayi yang sedang saya kandung? Saya sangat cemas karena ini adalah anak pertama saya. Terima kasih.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Untuk mengetahui adakah potensi kelainan kongenital pada kehamilan Anda, dapat dilakukan dengan USG 4D pada usia kehamilan di atas 20 minggu yang dilakukan oleh ahli fetometernal. USG tersebut dapat mengetahui kelainan organ yang mungkin terjadi serta kemungkinan adanya kelainan lain seperti Down Syndrome.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi dokter spesialis kandungan (obstetri ginekologi) subspesialisasi fetomaternal.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar