Sukses

Masalah Gigi Geraham Bungsu

16 Mar 2015, 12:45 WIB
Pria, 23 tahun.

selamat pagi, saya ingin bertanya solusi dari pertumbuhan gigi graham bungsu yang tumbuh tidak sempurna, tumbuh sebagian atau tumbuh ke arah samping luar? apakah hal ini dapat di ajukan untuk penanganan menggunakan BPJS?

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pada banyak kasus gigi geraham bungsu memang tumbuh bermasalah atau impaksi. Hingga saat ini masih terdapat perdebatan di antara para ahli, apakah gigi molar tiga yang impaksi (gigi geraham bungsu yang tidak dapat tumbuh secara normal) tanpa keluhan seperti pada kasus Anda perlu dicabut atau dibiarkan saja. Menurut suatu penelitian, sekitar 25-70 persen gigi molar tiga tanpa gejala yang dipertahankan, akhirnya tetap harus dicabut dikemudian hari. Dari penelitian lain menyatakan gigi molar tiga yang dicabut tidak akan menimbulkan masalah dan pasien akan tetap memiliki fungsi pengunyahan yang normal.

Walaupun persentase kejadiannya rendah, kista atau tumor dapat tumbuh di sekitar gigi molar tiga yang terbenam dalam gusi dan tulang yang tidak diambil. Oleh karena itu pertimbangan pencabutan gigi molar tiga yang tidak disertai gejala apapun terkadang didasarkan atas pertimbangan pencegahan. Meski demikian operasi pencegahan ini belum menjadi kesepakatan secara umum di kalangan ahli bedah mulut.

Program BPJS ini bertujuan untuk melayani kesehatan masyarakat dengan metode pelayanan yang berjenjang, dan perawatan gigi termasuk dalam program pelayanan kesehatan tersebut.  Untuk perawatan gigi yang dibutuhkan oleh seorang pasien bisa didapatkan dari dokter gigi klinik yang bekerja sama dengan BPJS atau puskesmas. Beberapa tindakan yang diperlukan oleh pasien dapat dilayani dengan BPJS selama tidak berindikasi estetik dan tentunya berdasarkan rekomendasi dokter atau dokter gigi.

Pelayanan BPJS yang meliputi perawatan gigi telah di paparkan pada Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 1 Tahun 2014 Pasal 52 ayat (1) yaitu Administrasi pelayanan terdiri atas biaya pendaftaran pasien dan biaya administrasi lain yang terjadi selama proses perawatan atau pelayanan kesehatan pasien; pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis; premedikasi; kegawatdaruratan oro-dental; pencabutan gigi sulung (topikal, infiltrasi) ; pencabutan gigi permanen tanpa penyulit;  obat pasca ekstraksi/pencabutan;  tumpatan komposit/GIC; dan skeling gigi.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar