Sukses

Flu dan Lendir Berwarna Hijau

17 Apr 2015, 13:14 WIB
Wanita, 17 tahun.

Kemari hari rabu saya baru pulang dari Bali. Keesokan harinya badan saya panas tenggorokan kering (sedikit susah menelan) dan pilek yang lumayan. Ada yang bilang ini kecapekkan tapi sampai hari ini pun belum kunjung sembuh pileknya malah lebih parah (lendir berwarna hijau) dan selalu ketika saya bangun tidur kotoran mata jadi banyak kadang jadi susah buat melek kalau gak dikucek dulu tapi selama itu saya tidak mengalami pusing. Ini flu biasa atau ada yang perlu diwaspadai ya dok?

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Saudari yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Lendir atau ingus yang kental dan kehijauan menunjukkan adanya infeksi bakteri. Jika pilek yang berwarna hijau yang tidak kunjung sembuh, disertai nyeri kepala, terkadang bau mulut, serta nyeri pada daerah-daerah sinus bila ditekan kemungkinan adalah sinusitis. Namun bila telah dilakukan pemeriksaan dan hasilnya negatif, sedangkan keluhan tetap kambuh, maka kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan kembali kepada dokter spesialis THT. 

Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari flu:

  1. Udara segar
    Berada di ruangan yang tertutup terutama di ruangan ber-AC secara terus menerus sepanjang hari akan membuat Anda terpapar kontak dengan orang lain dan tentu saja kuman yang mereka miliki. Mencari udara segar tidak hanya membuat Anda break sejenak dari kuman yang tersirkulasi di dalam ruangan, namun juga dapat meningkatkan imunitas Anda. Berolahraga, seperti jogging atau berjalan santai di luar ruangan dapat meningkatkan natural killer cells, neutrofil dan monosit yang tentu saja dapat meningkatkan imunitas Anda.

  2. Relaksasi
    Stres atau berada dalam tekanan dapat meningkatkan risiko Anda terkena flu. Hal ini disebabkan karena di saat Anda sedang stres, tubuh Anda mengeluarkan hormon yang disebut dengan glukokortikoid. Hormon ini akan mencegah pengeluaran sitokin yang berfungsi untuk memerangi penyakit.

  3. Jaga kebersihan tangan
    Flu dapat dengan mudah menyebar melalui sentuhan. Hindari terlalu sering memegang mata, hidung atau mulut dan pastikan Anda telah mencuci tangan dengan benar. Hindari juga mencuci tangan dengan sabun batang karena sabun batang dapat menjadi tempat pertumbuhan bakteri yang baik. Pilihlah sabun cair dan pastikan Anda mengeringkan tangan setelah mencuci tangan (namun bukan dengan baju Anda pastinya!). Karena tangan yang basah lebih mudah menyebarkan bakteri dibandingkan tangan yang kering.

  4. Istirahat yang cukup
    Kurang tidur dapat menurunkan imunitas Anda dan akan memudahkan Anda terpapar berbagai penyakit.

Keluhan kotoran mata yang lebih banyak dari biasanya juga dapat menandakan terjadinya iritasi atau infeksi. Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik langsung, penegakkan diagnosis, dan terapi yang optimal. 

Demikian penjelasan kami. Semoga keluhan Anda lekas teratasi.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar