Sukses

Mulut Kering

15 Mar 2015, 19:53 WIB
Pria, 58 tahun.

saya sudah lama mengalami sakit mulut kering terus menerus, sudah banyak miinum +/- 2.5 perhari tapi tetap haus, bibir rasanya tebal, mohon info untuk pengobatannya. Terimakasih.

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami turut prihatin atas kondisi yang Anda alami dan memahami kekhawatiran Anda. Kondisi mulut yang kering disebut xerostomia, dan umumnya berhubungan dengan penurunan produksi saliva, atau produksinya normal tapi terjadi penurunan aliran saliva. Penyebabnya ada beberapa kemungkinan, pasien penderita kanker yang menerima terapi radiasi pada daerah leher dan kepala, penderita Sjogren sindrom, penderita penyakit-penyakit sistemik, penderit penyakit yang menyerang kelenjar liur, atau pasien yang mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat mengalami xerostomia, selain itu stress juga sering dikaitkan dengan xerostomia.

Dan yang perlu Saudari ketahui bahwa xerostomia juga terjadi pada orang yang mengalami kecemasan atau dalam kondisi yang tegang. Menambah konsumsi air putih dapat membantu mengatasi kondisi mulut kering, mengunyah permen karet bebas gula atau yang mengandung xylitol. Bila keadaan tidak kunjung membaik sebaiknya periksakan ke dokter Anda ke dokter gigi atau dokter gigi spesialis penyakit mulut.

Berikut artikel yang dapat Anda baca.

Mulut kering (Xerostomia)

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar