Sukses

Penanganan Kista Ovarium

16 Mar 2015, 10:12 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dokter..saya mencoba periksa dengan alat komputerisasi yang dibawa teman kakak sy untuk general check up Hasilnya menunjukkan bahwa kista ovarium saya berstatus abnormal sedang Maksudnya apa ya dok? Atau saya harus usg supaya bisa terlihat sy ada kista atau tidk? Apakah benar semua wanita itu punya kista? Terima kasih atas jawabannya

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Alat komputerisasi apakah yang Anda maksud? Untuk memastikan kista ovarium tersebut, kami sarankan agar Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk memastikan dengan USG.

Kista ovarium atau kista indung telur adalah kantung yang berisi cairan yang ditemukan di ovarium. Selama fase menstruasi, ovarium akan menghasilkan telur dari pematangan kantung yang disebut folikel. Kebanyakan dari kista ini tidak berbahaya atau dibilang sebagai kista yang fungsional. Hanya sekitar 4-10% yang mengalami gangguan kista serius seperti PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome).

Kista yang fungsional dapat tumbuh sampai sebesar 6 cm namun umumnya tidak memerlukan terapi dan akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Kista ini hanya memerlukan observasi saja dan pemeriksaan USG rutin untuk mengawasi pembesaran dari kista. Apabila kista semakin kecil atau menghilang maka tidak diperlukan terapi apapun.

Apakah Anda merasakan gejala-gejala seperti di bawah ini :

  1. Sering marasakan nyeri di perut
  2. Ukuran perut semakin besar
  3. Susah makan atau tidak nafsu makan
  4. Sering merasa kekenyangan
  5. Sering muntah dan buang air besar
  6. Kembung terus-menerus
  7. Terjadi pendarahan pada vagina
  8. Berat badan turun secara signifikan
  9. Sering merasa lelah dan sakit kepala

Jika ya, kami sarankan agar Anda segera berkonsultasi kepada dokter kebidanan dan kandungan untuk evaluasi dan terapi lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar