Sukses

Cara Menghitung Kehamilan
16 Mar 2015, 10:32 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok sy mau tanya, sy terakhir mens itu tgl 30 januari. dan tanggal 13 maret kemarin sy tespck hasilnya positif. Kira2 usia kandungan saya berapa ya? Langkah apa yang harus saya lakukan? ke SpOG kah atau cukup ke bidan/dokter umum saja? Teriimakasih.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Terdapat beberapa cara yang sering digunakan untuk menghitung usia kehamilan, antara lain:

Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT)

HPHT adalah hari pertama dari siklus haid terakhir, bukan hari terakhir dari siklus haid terakhir. Metode ini membutuhkan pengetahuan Anda tentang siklus menstruasi.Banyak sekali faktor yang mempengaruhi perhitungan kehamilan menurut HPHT. Perhitungan kehamilan menurut HPHT hanya dapat dipercaya apabila sang wanita hamil memiliki siklus menstruasi teratur dan normal yaitu sekitar 28 hari. Apabila siklus menstruasi Anda tidak teratur maka perhitungan ini tidak valid. Bila berdasarkan HPHT maka usia kehamilan Anda kurang lebih 5 minggu 1 hari.

Tinggi puncak rahim

Biasanya, dokter akan meraba puncak rahim (Fundus uteri) yang menonjol di dinding perut dan penghitungan dimulai dari tulang kemaluan. Contoh jika jarak dari tulang kemaluan sampai puncak rahim sekitar 28 cm, ini berarti usia kehamilan sudah mencapai 28 minggu. Tinggi maksimal puncak rahim adalah 36 cm, ini menunjukkan usia kehamilan sudah mencapai 36 minggu.

Perlu diketahui, ukuran maksimal adalah 36 cm dan tidak kan bertambah lagi meskipun usia kehamilan mencapai 40 minggu. Kalaupun tingginya bertambah, kemungkinan yang akan dialami adalah janin Anda besar, kembar, atau cairan tubuh Anda berlebih.

Menggunakan ultrasonografi (USG)

Cara ini paling mudah dan paling sering dilakukan oleh dokter. Tingkat akurasinya cukup tinggi, yakni sekitar 95%. Dengan USG maka usia kehamilan dan perkiraan waktu kelahiran si kecil bisa dilihat dengan jelas melalui “gambar” janin yang muncul pada layar monitor.

Sebenarnya penentuan usia kehamilan paling tepat dengan mengetahui masa pembuahan. Namun, sulit menentukan kapan terjadi pembuahan. Dokter umumnya menggunakan USG untuk mengetahui usia kehamilan, karena akurasi dari pemeriksaan ini tinggi. Anda tidak perlu memusingkan kapan terjadi pembuahan karena cukup menggunakan USG untuk menentukan usia kehamilan. Meskipun demikian, HPHT seringkali dapat membantu. Diskusikan kembali dengan dokter Anda mengenai tanggal perkiraan persalinan dengan menyertakan informasi Anda yang lengkap, dan tanyakan kembali jika terdapat keraguan.

 

Semoga penjelasan kami dapat diterima dengan baik dan kehamilan Anda sehat selalu. Kami saarankan agar Anda melakukan pemeriksaan ke dokter specialis kandungan dan kebidanan untuk mengontrol kehamilan Anda. 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar