Sukses

Ludah Berdarah

11 Nov 2015, 21:14 WIB
Pria, 21 tahun.

Kenapa air ludah sering ada bercak darah padahal sudah di rotgen hasil nya ada plek cuma sudah tidak aktip sudah cek darah hematologi hasil nya semua normal . Kdang kdang tenggorokan terasa kering sebelah dan rongga hidung kering dan di tenggorokan berlendir mohon di jawab...

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Perdarahan dalam rongga mulut dapat disebabkan atau terkait berbagai macam keadaan. 

Darah yang bercampur dengan air liur Anda dapat saja berasal dari gusi yang sedang mengalami peradangan atau terkait juga dengan beberapa penyakit sistemik (penyakit yang dampaknya ke seluruh tubuh, seperti misalnya diabetes atau kelainan darah) yang dapat memicu timbulnya perdarahan pada mulut.

Ada beberapa kemungkinan yang dapat dikaitkan sebagai penyebab peradangan gusi, yang paling umum adalah kebersihan gigi yang buruk ditandai dengan banyaknya plak (kotoran gigi) dan kalkulus (karang gigi). Plak dan kalkulus menjadi tempat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan radang gusi, bahkan dapat berkembang menjadi infeksi/penyakit gusi dan pendukung gigi (disebut penyakit periodontal). Gusi yang meradang ditandai dengan berwarna kemerahan, bengkak dan mudah berdarah.

Kemungkinan lainnya adalah adanya gigi berlubang (karies), yang tidak dirawat sehingga infeksi berlanjut ke bawah gigi (gusi dan tulang) dan mengakibatkan timbulnya abses yang berisi nanah dan terkadang dapat juga keluar darah. Perlu pemeriksaan lebih lanjut apakah memang betul sumber perdarahan berasal dari gusi, dan apa penyebab yang pasti dari perdarahan tersebut. Setelah itu baru dapat ditentukan perawatan apa yang harus dilakukan. Oleh sebab itu kami sarankan Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter gigi.

Berikut artikel yang dapat Anda baca.

Saliva atau Air Liur

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar