Sukses

Nyeri Pada Ibu Jari Tangan Saat Ditekuk

08 Nov 2015, 17:59 WIB
Pria, 60 tahun.

ketika mengambil air dengan gayung ibu jari tangan kanan sakit sekali, sehingga gayungnya jatuh, karena tidak kuat menahan sakitnya. perkembangan selanjutnya ibu jari kalau di biarkan diam, tidak sakit. kalau di tekuk kedalam tidak sakit, kalau di tekuk keluar dan tertekan sakit sekali. contoh untuk mencuci sendok makan, berarti tertekan keluar, itu sakit. sakitnya sudah dua bulan tidak sembuk. Dulu pernah asam urat. Di rujuk ke dokter saraf kerumah sakit kota Pontianak. di obati oleh rumah sakit selama 15 hari berturut-turut. akhirnya saya tidak berobat lagi, karena di obati tidak sembuh-sembuh. Bagaimana ajalan keluar sebaiknya. yang harus saya tempuh? saya takut minum obat terlalu banyak menggangu kesehatan ginjal.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelum kami melanjutkan, ada beberapa hal yang perlu kami tanyakan. Keluhan Anda adalah rasa sakit pada jari jempol tangan apabila ditekuk. Apakah rasa sakit terjadi pada kedua jari jempol  tangan atau salah satu tangan saja? Adakah kemerahan yang terjadi? Sudah berapa lama hal ini berlangsung? Apakah ada riwayat cedera sebelumnya?

Rasa sakit bila ditekuk pada jari jempol dapat berasal dari otot, tulang atau persendian. Salah satu penyebab nyeri pada jari saat ditekuk adalah trigger finger. 

Tringer finger adalah kekakuan tendon atau selubung tendon, suatu kondisi nyeri atau sakit pada jari-jari tangan, jari kaku bila ditekuk atau ketika mau di luruskan. Kondisi ini mengakibatkan terkuncinya sendi jari pada saat di gerakan dari posisi fleksi (gerakan menekuk) ke arah posisi ekstensi (gerakan meluruskan). Trigger finger dapat mengenai lebih dari satu jari pada satu waktu, meskipun biasanya lebih sering terjadi pada ibu jari, tengah, atau jari manis. Trigger finger biasanya lebih menonjol di pagi hari.

Insiden terjadi trigger finger lebih sering terjadi pada wanita di usia 40 - 60 tahun dan penderita diabetes melitus atau penyakit rematik. 

Penanganan dilakukan dengan cara :

  • Istirahat. Jika keluhan ringan, mengistirahatkan jari mungkin dapat mengurangi gejala.
  • Obat obatan golongan anti inflamasi non steroid (NSAID) dapat membantu mengurangi gejala.
  • Suntikan steroid. Suntikan dilakukan ke dalam selubung tendo. 

Sulit untuk menentukan diagnosis Anda dengan informasi yang terbatas dan tanpa pemeriksaan fisik. Kami sarankan Anda untuk mengunjungi dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan sehingga Anda bisa memperoleh terapi yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

1 Komentar

  • Indah Dzarrel

    itu yang saya alami sekarang,dokter menyebutnya radang tendon,menurut dokter itu tidak bisa sembuh,paling diberikan obat anti inflamasi dan apabila obat tidak mampu mengurangi rasa nyeri diberikan suntikan anti inflamasi,dan untuk selanjutnya mengurangi aktifitas yang keras pada tangan