Sukses

Mengenalkan Variasi makanan Pada Anak

13 Oct 2015, 21:21 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok. Sy mau tnya soal anak namanya bagas umur 2 th 3bln. Soal makanan pokoknya msh bubur organik yg djual dsni,khusus untuk balita. Dibuatkan bubur sendiri ga mau dok. Hrs bubur itu. Kalau bubur itu ga jualan. Dia mau makan bubur instan bayi c***l**c d cmpurr naai yg d lembekin. Kalau lht nasi dia sprti takut. Bahkan tdak tertarik. Makananya bubur 3cup 1 hr. Susu formula 2gelas 1hr +susu kotak tidak tentu . Cemilanya cm sk bbrp mcam sj. Buah pun begitu cm 2 mcm sj. Tolong solusinya dok. Agar anak sy mau makan nsi dan mau mengenal makaanan lainya. Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Berikut ini kami berikan tips Mengenalkan Makanan Padat Pada Batita.

Ketika Anda sudah merasa anak siap diberi makanan pendamping ASI, praktikkan cara-cara ini:

  • Sebagai awalnya, beri sereal bayi yang mengandung tinggi zat besi. Setelah itu boleh sayur, buah, dan daging. Tapi jangan mengenalkannya semua sekaligus. Tunggu 2 atau 3 hari, Bunda baru boleh mengenalkannya pada makanan baru.
  • Pertama kali memberinya makan dengan tekstur yang bermacam-macam seperti daging dan sayuran. Hal ini untuk mempermudah pencernaan bayi.
  • Perhatikan bayi ketika diberi makanan baru. Hal ini dimaksudkan supaya Bunda bisa melihat tanda-tanda alergi apabila salah satu dari anggota keluarga memiliki riwayat alergi. Makanan seperti telur, susu, gandum, kacang kadang bisa memicu alergi pada bayi.
  • Pastikan makanan yang diberikan benar-benar lembek supaya bayi tidak tersedak saat menelan.
  • Mulai memberikannya camilan ketika ia sudah terbiasa makan makanan padat. Misalnya roti, sereal, daging ayam, telur, atau buah pisang.
  • Jangan memberi susu sapi cair (UHT) atau madu kepada bayi hingga usianya setahun.
  • Dudukkan si kecil pada kursi makannya atau apabila si kecil masih kesulitan duduk, bunda bisa memangkunya dan berada tetap di meja makan, untuk mendisiplinkan si kecil kegiatan makan harus berlangsung di meja makan
  • Jadikan kegiatan makan ini, sebagai kegiatan yang menarik dan menyenangkan antara bunda dan si kecil untuk menjalin hubungan yang makin dalam.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar