Sukses

Jari Telunjuk Bengkok

08 Nov 2015, 18:36 WIB
Wanita, 31 tahun.

pada bulan februari ruas jari telunjuk kiri saya tiba2 membesar, seperti bengkak tetapi tidak sakit. jadi saya biarkan saja. Kemarin kira2 1 bulan kemudian saya lihat jari telunjuk saya tidak bisa lurus, selalu sedikit menekuk. Pertanyaannya, apakah ini trigger finger? dokter mana yang seharusnya saya kunjungi? maksaih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah Anda sudah memeriksakan diri kepada dokter terdekat? Jika Belum, Kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri untuk memastikan penyebab keluhan Anda. Karena kecurigaan penyebabnya belum mengarah kepada trigeer finger seperti dugaan Anda.

Kami akan mencoba jelaskan mengenai Trigger finger. Tringer finger adalah kekakuan tendon atau selubung tendon, suatu kondisi nyeri atau sakit pada jari-jari tangan, jari kaku bila ditekuk atau ketika mau di luruskan. Kondisi ini mengakibatkan terkuncinya sendi jari pada saat di gerakan dari posisi fleksi (gerakan menekuk) ke arah posisi ekstensi (gerakan meluruskan). Trigger finger dapat mengenai lebih dari satu jari pada satu waktu, meskipun biasanya lebih sering terjadi pada ibu jari, tengah, atau jari manis.

Penyebab pasti trigger finger tidak diketahui. Namun demikian, trigger finger cenderung dialami oleh :

  1. Wanita hamil atau setelah melahirkan

  2. Wanita yang sudah menopause

  3. Penderita Kencing Manis

  4. Peminum alkohol

  5. Pekerja yang banyak melakukan gerakan menggenggam

  6. Trauma

Kami sarankan segera konsultasikan ke dokter spesialis penyakit dalam atau bedah agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan mendapatkan terapi yang optimal.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar