Sukses

Efek Samping KB

15 Mar 2015, 23:27 WIB
Wanita, 29 tahun.

dok saya habis lepas kb implat tgl2februari kemudian tgl 6 saya haid slm 5hri..siklus haid sya biasanya 28hari, skg sudah telat 8hr..dites negatif, knpa dok blm bs haid lagi??

Terima kasih telah menghubungi layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. KB hormonal memang dapat menyebabkan gangguan dari menstruasi.

Biasanya pada penggunaan awal (3 bulan pertama) dapat terjadi perdarahan yang tidak teratur, beberapa efek lain seperti  lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu pada beberapa bulan pertama. Lama-kelamaan menstruasi bisa tidak dapat sama sekali. Hal ini sering dialami oleh wanita yang menggunakan kontrasepsi suntik KB 3 bulan. Umumnya bila menggunakan suntik KB  maka pengembalian kesuburan dan menstruasi normal kembali setelah penghentian 5-7bulan.

Kami sarankan apabila hal ini masih terjadi lakukan pemeriksaan ke dokter specialis kandungan dan kebidanan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar