Sukses

Karena Pernah Berhubungan Seksual, Butuh Kuret?

16 Mar 2015, 11:06 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, saya mau menikah tapi calon suami menyarankan untuk kuret karena sudh prnh berhubungan dgn orang lain. Itu gimana dok, perlukah kuret bagi saya?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pertama-tama kami harus menjelaskan mengenai apa itu kuret. Kuret adalah tindakan kedokteran yang dilakukan untuk membersihan isi rahim secara manual. Hal ini dilakukan oleh dokter spesialis kandungan/ dokter yang berpengalaman atas indikasi berupa terdapat keguguran, janin telah mengalami kematian didalam rahim, sehingga pengeluaran isi rahim tersebut harus dilakukan secara manual. Bila tidak dilakukan, maka akan mengancam kesehatan ibu. 

Menyatakan bahwa seseorang perlu di kuret karena telah berhubungan seksual sebelumnya, adalah pernyataan yang kurang tepat. Apakah Anda mengalami keguguran hasil hubungan Anda yang terdahulu? Bila Tidak, maka Anda tidak perlu melakukan kuret, sebab didalam rahim Anda tentunya tidak terdapat isi apapun untuk di kuret. Atau, adakah kemungkinan hamil pada Anda? Apakah maksud calon suami Anda adalah memastikan bahwa Anda tidak mengalami kehamilan? Atau mungkinkah maksud calon suami Anda itu adalah upaya untuk membersihan vagina? Bila Ya, maka vagina memiliki mekanismenya tersendiri untuk membersihkan organ ini, dan hal tersebut dilakukan dengan menghasilkan lendir vagina. Kuret bukanlah untuk membersihkan vagina.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar