Sukses

Iritasi Wajah

01 Jul 2015, 21:48 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok muka saya iritasi..tapi blm tau knpa iritasinya..akhrnya saya pakai salep kulit mereknya erymed erythromycin 2%.. rsa gatalnya berkurang..tapi salep tsb apa efek sampingnya ya dok ??

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sebaiknya semua terapi obat yang akan anda gunakan terlebih dahulu anda diskusikan dengan dokter yang telah memeriksa kondisi kulit anda saat ini.

Kulit wajah yang teriritasi memang dapat mengganggu. Namun, terlebih dahulu perlu diketahui penyebab iritasi kulit tersebut. Iritasi kulit dapat disebabkan karena:

  • Paparan sinar matahari
  • Bahan pakaian yang menyebabkan iritasi
  • Bahan kimia (parfum, lotion, scrub) yang menyebabkan iritasi
  • dll

Setelah ditemukan penyebabnya kemudian diperinci gejalanya. Bila terasa nyeri dan perih, ada beberapa pengobatan yang dapat bermanfaat mengurangi ketidaknyamanan dari gejala yang dapat ditimbulkan, seperti obat golongan antiradang bukan steroid (ibuprofen, asetaminofen, asam mefenamat), dan pelembab yang mengandung aloe-vera atau chamomile. Selain itu, kompres/mandi air dingin juga dapat membantu Anda mengatasi rasa perih, panas, dan kemerahan yang timbul. Hindarilah penggunaan produk-produk oles yang mengandung parfum, scrub, atau garam yang dapat semakin mengiritasi kulit Anda. Saat ingin mengeringkan badan, gunakanlah handuk yang lembut dan usap perlahan, kebiasaan menggosok yang terlalu keras hanya akan memperburuk kondisi kulit Anda.

Yang terpenting, Anda harus menghindari pajanan sinar matahari selama masa penyembuhan. Gunakanlah tabir surya dengan sun protection factor (SPF) minimal 25-30 setiap hendak beraktivitas di luar ruangan. Saat berolahraga (terutama berenang), perlindungan tabir surya akan cepat menghilang sehingga penggunaannya harus diulang setiap jam.

Kami sertakan artikel:

Memilih Sunblock yang Aman

Perlambat Penuaan dengan Tabir Surya

Sunblock dapat Mencegah Penuaan Kulit

Apabila kondisi tidak membaik dalam beberapa hari, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk tatalaksana yang lebih optimal.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar