Sukses

Iritasi Wajah Setelah Diberi Bawang Putih

08 Nov 2015, 18:47 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok, Saat ini saya terkena cacar dan ruam sudah mulai mengering, di wajah ada 3 titik yang infeksi sehingga bernanah. Saya coba browsing di internet dan ada yang menganjurkan dengan bawang putih, setelah saya menggunakan bawang putih dengan cara dihaluskan dan dioleskan ke area infeksi selama kurang lebih 2jam, hasilnya malah terjadi iritasi dikulit wajah saya, perih, bengkak dan setelah beberapa jam menghitam dan sangat lebar seukuran koin 100rupiah. Mohon solusi dan penyembuhannya Dok. Terimakasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Keluhan Anda bisa mengarah kepada diagnosa dermatitis kontak. 

Dermatitis kontak adalah peradangan pada kulit terjadi karena kulit telah terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit atau menyebabkan reaksi alergi. Dermatitis kontak akan menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, timbul ruam yang besar, gatal dan rasa terbakar.

Gejala dermatitis kontak ini akan bertahan sampai berminggu-minggu. Gejala dermatitis kontak akan menghilang bila kulit sudah tidak terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit tersebut atau kondisi lain yang memicu timbulnya gejala. Sementara itu yang dapat Anda lakukan adalah menghindari pemicu, menghindari penggunaan air panas pada kulit, dan memberikan pelembab (moisturizer) pada luka.

Selain itu, dapat juga diberikan krim anti radang, dan untuk mendapatkannya, Anda perlu memeriksakan diri terlebih dahulu kepada dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga penjelasan ini dapat dipahami.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar