Sukses

Komedo di Hidung dan Dagu

20 Mar 2015, 11:37 WIB
Wanita, 23 tahun.

Siang dok, saya mempunyai komedo di hidung pipi dan dagu, serta pori-pori yang agak besar di daerah pipi, waktu itu saya sempat konsultasi dengan dokter spesialis kulit, saya diberi 2 jenis krim yang dipakai malam hari sewaktu mau tidur, sunblok untuk pagi & siang dan pencuci wajah racikannya. setelah 2 kali saya memakai krim tersebut secara terartur, kulit saya terasa panas memerah dan mengelupas, tetapi jika saya perhatikan setelah 2 minggu saya memakai krim tersebut pengelupasan terjadi berulang ulang pada daerah yang sama.. bagaimana solusinya dok? saya bingung, karna kulit saya keliatan kering menghitam dan memerah,, sangat jelek sekali dok,, dibandingkan sebelum saya memakai krim tersebut.. terima kasih dokter :)

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Masalah jerawat memang masalah kesehatan yang susah-susah gampang. Ada berbagai faktor yang saling berkaitan dalam menimbulkan jerawat, sehingga penanganannya biasanya memerlukan waktu lama dan juga kedisiplinan yang tinggi.

Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini: 

  • Stress
  • Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (kelenjar sebasea) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
  • Kelenjar minyak yang terlalu aktif
  • Keturunan dari orangtua
  • Bakteri di pori-pori kulit

Sehingga pengobatan jerawat juga perlu memperhatikan faktor-faktor di atas. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik. 

Kondisi kulit berminyak merupakan jenis kulit yang sangat berisiko untuk mengalami jerawat. Selain pengobatannya memang membutuhkan kesabaran, juga memerlukan pengendalian dari pola makan, kebiasaan membersihkan wajah, pengendalian stress dan sebagainya.

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum.

Kenali jenis kulit dan gunakan produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Produk kosmetik dapat memperparah timbulnya jerawat. Bedak dan dasar bedak dapat menutupi pori-pori, menyumbat pengeluaran sebum dari folikel rambut, dan pembentukan komedo. Sebenarnya tidak ada larangan untuk menggunakan produk kosmetik, asalkan Anda menggunakan produk yang tepat. Namun, saat menggunakan kosmetik Anda juga harus sering mencuci muka (minimal setiap 4 jam/hari). Karena tidak praktis dan kesulitan memilik produk yang baik, maka tidak menggunakan kosmetik memang lebih baik saat pengobatan jerawat.

Memang pengobatannya membutuhkan jangka waktu lama dan kesabaran. Kami sarankan agar tidak berganti-ganti dokter karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu yang lama sehingga perlu pemantauan dan kesabaran. Jika berganti-ganti dokter, maka setiap dokter baru biasanya akan memulai pengobatan dari awal lagi. Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan diet dan  kebersihan wajah

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk analisa faktor-faktor yang menyebabkan jerawat pada wajah Anda.

Dari cerita yang Anda paparkan Anda memiliki komedo pada wajah. Pori-pori kulit merupakan saluran keluar dari kelenjar minyak (sebum). Pori-pori yang besar akan mudah tertutup oleh keringat, minyak, kulit-kulit mati, debu, dll, sehingga saluran kelenjar keringat kulit menjadi tersumbat dan meradang. Anda perlu membersihkan wajah secara rutin 2 kali sehari agar menghindari pembentukan komedo.

Komedo timbul akibat tersumbatnya kelenjar minyak (sebaceus gland), sehingga minyak yang dihasilkan (sebum) tidak dapat dialirkan keluar dan terbentuklah komedo. Sumbatan ini dapat terjadi akibat penumpukan sel kulit mati, akibat produksi minyak yang berlebih, atau akibat penggunaan kosmetik rias ataupun perawatan.

Apa yang harus dilakukan?

  • Rajin mencuci muka minimal 2x sehari dengan sabun yang tidak banyak menghasilkan banyak busa
  • Diet rendah lemak dan karbohidrat
  • Hidup teratur, sehat, olahraga 3x/minggu minimal 30 menit
  • HIndari stress
  • Gunakan kosmetik secukupnya, hindari kosmetik berbahan dasar minyak (foundation, BB cream, bedak padat)
  • Hindari hal yang dapat memacu kelenjar minyak: alkohol, makanan pedas, rokok
  • Hindari polusi udara
  • Hindari pemencetan komedo/jerawat karena dapat memperberat erupsi

Selain itu, Anda dapat melakukan facial (ekstraksi komedo) secara teratur setiap 2 minggu-4 minggu sekali untuk mengeluarkan komedo. Kami sarankan agar anda melakukan facial (ekstraksi komedo) di dokter spesialis kulit atau di klinik kecantikan kuit yang disupervisi oleh dokter terlatih.

Mengenai pertanyaan Anda mengenai kulit yang mengelupas dan menghitam, berikut penjelasan kami: beberapa obat jerawat memang dapat menyebabkan kulit mengelupas. Namun jika obat tersebut membuat kulit terasa perih, mengelupas, merah, dan menghitam sebaiknya penggunaan obat tersebut dihentikan dan diganti obat yang lain atau dengan dosis yang lebih kecil. Sebaiknya konsultasikan kembali dengan dokter kulit Anda.

Berikut artikel-artikel kami mengenai "Jerawat":

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (DK)

Salam, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar