Sukses

Retinoblstoma dan Efek Gadget
13 Mar 2015, 15:18 WIB
Pria, 45 tahun.

Apa itu retinoblastoma? Apa gejala dan penyebabnya? Bisakah retinoblastoma timbul akibat dari paparan radiasi gadget atau komputer? Bagaimana sebaiknya melindungi mata kita atau mata anak kita dari bahaya buruk akibat paparan radiasi gadget atau komputer?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kanker mata (retinoblastoma) adalah kanker yang terjadi pada daerah di belakang mata yang peka terhadap cahaya (pada retina). Kanker mata dapat memengaruhi orang-orang dari segala usia, namun pada umumnya penyakit ini menyerang anak-anak yang berumur kurang dari 5 tahun. Kanker dapat menyerang salah satu maupun kedua mata dengan cara menyebar ke kantung mata dan ke otak (melalui saraf penglihatan).

Tumor ini memperlihatkan berbagai tanda / gejala yang umumnya tidak disadari oleh orang tua/ keluarga sebagai suatu tanda tumor ganas. Di Negara berkembang sering di diagnosa Retinoblastoma sudah dalam keadaan lanjut. Tanda yang tersering pada stadium awal ialah, manic mata berwarna putih (leukokoria / cat’s eye/ matakucing ). Tanda dan gejala yang jarang dan tidak spesifik yaitu penurunan penglihatan, mata merah , mata juling. Penanganan yang tidak dilakukan pada keadaan awal akan menyebabkan sel tumor ganas ini dengan cepat tumbuh keluar bola mata (mata akan menonjol / proptosis) dan akan menyebar ke otak dan sumsum tulang.

Diagnosa dini hanya dapat dilakukan melalui skrining rutin pada bayi / anak untuk memeriksa reflex merah pada mata dengan oftalmooskop untuk menilai ada tidaknya mata kucing. Mata juling dapat diperiksa dengan senter untuk menilai reflex kornea ( test Hirschberg). Selanjutnya di periksa pula bagian mata yang lain untuk mengetahui ada tidaknya kelainan struktur mata. Pemeriksaan sederhana ini dapat dilakukan di pusat pelayanan medis terdekat seperti puskesmas. Untuk itu saran kami adalah segera membawa anak untuk diperiksa oleh dokter secara langsung bila memang gejala mata pada anak ini membuat Anda khawatir.

WHO mengklasifikasikan telepon genggam sebagai resiko 2b, kemungkinan dapat menjadi karsinogen, dapat memicu terjadinya kanker. The American Academy of Pediatrics and the Canadian Society of Pediatrics menyatakan bahwa anak berusia di bawah 2 tahun sebaiknya tidak terpapar dengan gadget. Anak 3-5 tahun dibatasi penggunaan gadget selama 1 jam per hari. Anak dengan usia 6-18 tahun dibatasi penggunaan gadget sebanyak 2 jam per hari. Pemakaian gadget 4-5 kali dalam sehari menimbulkan dampak serius. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar