Sukses

Pilek Pada Bayi 13 Bulan

07 Nov 2015, 20:31 WIB
Wanita, 27 tahun.

maaf dokter, untuk pertanyaan yang sebelumnya. yang dialami anak saya itu bukan batuk akan tetapi pilek yang gak kunjung sembuh. dan bukan saya yang mengalami, tapi anak saya yg umur 13 bulan. pilek nya juga gak disertai dengan bersin atau hanya terjadi di pagi atau malam hari saja. terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pilek atau Flu pada bayi, pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Infeksi virus akan sembuh sendiri (self limiting disease) dan umumnya akan berlangsung antara 3-14 hari tergantung daya tahan tubuh anak dan memang tergantung ada tidaknya penderita flu di rumah atau orang yang sering berkontak dengan anak. Jika memang ada penderita flu di sekelilingnya, maka anak akan sangat potensial untuk sering mengalami kekambuhan. Kemungkinan kedua penyebab pilek pada bayi adalah alergi. Untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung, untuk itu bawalah anak untk diperiksa oleh dokter spesialis Anak.

Untuk mencegah agar anak tidak sering pilek maka seringlah cuci tangan sebelum menggendong anak, hindari anak berkontak dengan penderita flu, dan jaga kebersihan di rumah. Apabila anak mengalami sesak nafas, kebiruan, luar biasa rewel, dan demam lebih dari 72 jam, segeralah menghubungi dokter.

Semoga buah hati Anda cepat pulih kembali.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar