Sukses

BAK Cokelat Setelah Berenang

07 Nov 2015, 21:07 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok, saya deua hari yang lalu melakukan kegiatan olahraga renang. hingga menyebabkan otot lengan, kaki, dan paha saya terasa nyeri sampai hari ini. hanya saja tadi ketika saya bauang air kecil, urine saya berwarna hitam dok... kira2 itu gejala apa ya? terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk mendiagnosis keluhan Anda tentu diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang terlebih dahulu. Penyebab BAK berwarna gelap dapat berupa  gangguan ginjal, gangguan pada sluran empedu, gangguan hati dan lain sebagainya.

Satu lagi kemungkinan yang menyebabkan urin berwarna merah atau kecoklatan adalah akibat pemecahan otot yang berlebihan, disebut dengan rhabdomyolisis. Salah satu penyebab dari kondisi ini adalah setelah aktivitas berat. Rhabdomyolysis mungkin sama sekali tidak menyebabkan gejala-gejala. Bila kerusakan otot parah maka dapat menimbulkan keluhan sakit dan nyeri otot (myalgia), kekakuan, dan kelemahan otot. Rhabdomyolysis meyebabkan penggelapan dari warna urin. Myoglobin dilepaskan dari otot-otot ketika mereka mengurai dan dikeluarkan kedalam urin. Ini dapat menyebabkan warna merah atau cola dari urin.

Kami sarakan Anda untuk berkonsultasi segera dengan dokter spesialis penyakit dalam agar dapat diketahui penyebab pasti keluhan Anda sehingga dapat diberikan penanganan yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar