Sukses

Haid Tidak Lancar Setelah Melahirkan

13 Mar 2015, 10:59 WIB
Wanita, 25 tahun.

Pagi Dok... saya mau tanya kenapa setelah melahirkan anak pertama. Haid saya jadi gak lancar dok.. kadang 3 bulan skali, kadang jg 2 bulan skali... apa saya masih bisa hamil ya dok.. trims

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com.

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, dengan lama keluarnya darah haid berlangsung selama 2-8 hari. Bagaimana dengan siklus haid Anda selama ini?

Haid yang tidak teratur biasanya terjadi akibat adanya gangguan keseimbangan hormonal. Gangguan hormon sering terjadi pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama ataupun beberapa tahun menjelang terjadinya menopause. Pada masa-masa itu merupakan variasi normal yang terjadi karena kurang baiknya koordinasi hormonal pada awal terjadinya menstruasi pertama dan menjelang terjadinya menopause, sehingga timbul gangguan keseimbaangan hormon dalam tubuh. Disamping itu, haid yang tidak teratur dapat juga terjadi pada :

  •  Gangguan indung telur, misal : Sindrome Polikistik Ovarium (PCOS)

  •  Stress dan depresi

  •  Sakit kronik

  •  Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

  •  Penurunan berat badan berlebihan

  •  Olahraga berlebihan, misal atlit

  •  Adanya tumor yang melepaskan estrogen

  •  Adanya kelainan pada struktur rahim atau serviks yang menghambat pengeluaran darah menstruasi

  •  Penggunaan obat-obatan tertentu, dsb

Pengobatan yang diberikan akan disesuaikan dengan penyebabnya.

Pertanyaan anda berikutnya, haid tidak teratur dapat memberikan pengaruh pada terjadinya kehamilan. Hal ini disebabkan karena sel telur yang tidak matang sempurna (kematangan terjadi pada saat haid) tidak akan dapat dibuahi oleh sperma. Namun, banyak faktor yang mempengaruhi kesulitan terjadi kehamilan, haid tidak teratur bukanlah satu-satunya faktor. Untuk mengetahui faktor-faktor tersebut kami menyarankan Anda kembali memeriksakan diri ke dokter kebidanan dan kandungan agar dilakukan pemeriksaan yang menyeluruh untuk melihat ada atau tidaknya gangguan. Pemeriksaan suami pada dokter spesialis Andrologi juga dapat dilakukan, karena terjadinya kehamilan dipengaruhi faktor dari istri dan suami.

Berikut adalah beberapa artikel yang dapat Anda akses terkait persiapan kehamilan pada pasangan suami-istri:

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu dan semoga Anda dan pasangan cepat dikaruniai momongan. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar