Sukses

Tenggorokan Terasa Mengganjal

13 Mar 2015, 11:39 WIB
Pria, 25 tahun.

Selamat Siang Dokter.. 2 hari ini saya merasa kurang nyaman di daerah tenggorokan di sebelah kiri. Rasa tidak nyaman ini dimulai setelah saya minum obat berbentuk tablet. Rasa tidak nyaman itu berupa seperti ada yg mengganjal di bagian kiri tenggorokan tetapi tidak terasa sakit. Saya berasumsi dikarenakan obat tadi menyumbat di saluran pencernaan, akan tetapi seharusnya akan hilang setelah makan ataupun minum. Apakah ini gejala radang biasa atau ada kemungkinan obat yang saya minum tadi menumbat saluran pencernaan atau mungkin saluran pernafasan?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sejak kapan Anda mengalami keluhan tersebut? Apakah ada keluhan lain seperti batuk , nyeri tenggorokan?

Sulit sekali bagi kami untuk mendiagnosis keluhan Anda dengan informasi yang terbatas dan tanpa melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang terlebih dahulu. Tenggorokan terasa mengganjal dapat disebabkan oleh adanya pembengkakan amandel pada radang tenggorokan, polip tenggorokan, spasme otot, sumbatan pada tenggorokan dan lain sebagainya. Bila akibat obat yang mengganjal sangat kecil kemungkinannya.

Untuk mengetahui diagnosis dari masalah ini, Anda perlu mengunjungi dokter . Bila diagnosis telah ditegakkan maka Anda dapat memperoleh penanganan yang optimal.

Selain itu, Anda juga perlu untuk mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat, seperti :

  • Makan secara teratur, dengan frekuensi sering dan porsi kecil-kecil
  • Jangan langsung tidur setelah makan malam
  • Hindari rokok dan alkohol serta minuman bersoda lainnya
  • Hindari stres
  • Tidur cukup 8 jam/hari
  • Olahraga teratur, minimal 3x/minggu masing-masing selama 30menit.

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis THT untuk mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar