Sukses

Telinga Seperti Bernapas?

19 Mar 2015, 09:44 WIB
Pria, 16 tahun.

pak dokter saya mepunyai masalah pada telinga kanan. saya sering merasa telinga saya seperti bernapas mengikuti keluar masuknya napas melalui hidung, apa penyebabnya? apakah ini berhubungan dengan saraf atau bagaimana? dan bagaimana cara mengobatinya?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah pemeriksaan objektif yang telah Anda lakukan, untuk memastikan bahwa benar-benar ada udara keluar dari telinga Anda bersamaan dengan napas melalui hidung? Dapatkah Anda merasakan aliran udara di luar telinga, yang benar-benar bersamaan dengan nafas Anda?

Keluhan yang Anda sampaikan bersifat tidak umum. Antara organ hidung dan telinga memang memiliki penghubung yang disebut dengan tuba eustachius. Namun tuba ini tidak terbuka sepanjang waktu. Tuba yang berhubungan dengan telinga tengah ini hanya terbuka saat diperlukan penyamaan tekanan antara udara luar dan telinga tengah (misalnya saat perubahan tekanan ketika berada di pesawat terbang). Bila sesuai keluhan Anda, tuba ini terbuka terus menerus, maka keluhan lain kemungkinan akan ada infeksi berulang di organ telinga akibat bakteri yang mencapai telinga lewat tuba ini. Adakah gejala nyeri telinga berulang? Adakah keluar cairan di telinga? Adakah keluhan telinga terasa penuh?

Kami sarankan Anda memeriksakan langsung pada dokter, agar dapat dilakukan pemeriksaan yang objektif dengan alat-alat yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

1 Komentar

  • zai*****

    Saya Zain dari mojokerto. Dok, telinga kanan saya juga ikut bernafas (mengeluarkan dan menghisap udara) seperti hidung, tidak ada gejala sebelumnya dan rasa sakit pada saat hal itu terjadi. Bahkan penghubung lubang udara antara hidung dan telinga itu bisa saya tutup dan buka sesuai keinginan.