Sukses

Batuk Tidak Kunjung Sembuh

18 Mar 2015, 18:39 WIB
Pria, 22 tahun.

Saya sering batuk berdahak selama 3 bln,apa lagi setelah bangun tidur,tenggorokan terasa gatal,dahak berwarna kuning kadang putih,3 thn yg lalu saya pernah menderita paru2 basah dan sudah sembuh,serta pengobtan 6 bulan,yg saya mau tnykan apakah paru2 saya kambuh lg apa bronkitis dok?soalnya saya sudah pernah tes dahak hasilnya negatif tp hasil rongsen y ad fleknya.bagaimana menurut pendapat dokter?terimakasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Bila Anda memang telah mengonsumsi obat TB selama 6 bulan secara lengkap rutin namun masih sering terasa gejala, beberapa hal harus diperhatikan. Apakah setelah 6 bulan mengonsumsi obat Anda kembali ke dokter untuk pemeriksaan rontgen paru dan telah dinyatakan sembuh? Apakah saat itu gejala TB paru hilang sepenuhnya?

Kerusakan paru yang telah cukup parah akibat penyakit TB juga seringkali memberikan gejala sisa meskipun penyakit paru itu sendiri telah sembuh. Oleh sebab itu hal ini juga menjadi salah satu kemungkinan penyebab masih adanya gejala batuk kronik yang Anda alami. Hal ini ditandai dengan masih adanya gambaran kelainan paru yang aktif pada gambaran foto rontgen.

Apakah Anda merokok? Perokok dalam waktu dan jumlah yang banyak meningkatkan kemungkinan terkena bronkitis kronik.

Selain itu, sekalipun sudah dinyatakan sembuh, seseorang tetap dapat terkena TB lagi bila imunitas tubuh menurun. Adakah gejala demam berulang tidak terlalu tinggi? Adakah penurunan berat badan? Adakah keringat malam? Kami menyarankan agar Anda memeriksakan dahak kembali ke dokter spesialis Paru untuk memastikan apakah Anda kembali menderita TB, maupun jika terdapat gejala penyakit yang lain.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar