Sukses

Benjolan di Dalam Vagina

13 Mar 2015, 15:45 WIB
Wanita, 19 tahun.

Malam dokter, saya mau bertanya... Di dalam vagina saya tepat di dalam vagina dan ada satu benjolan hampir sebesar gundu atau klereng mainan awalnya akhir bulan september saya baru tau ada benjolan tersebut sampai saya susah berjalan dan duduk di buat benjolan tersebut dok karna semangkin besar kemudian di awal bulan oktober benjolan itu pecah dan mengeluarkan nanah dan darah tapi hanya hari itu saja kemudia benjolan itu sampai sekarang masih ada dok teru sekarang saya rasa benjolan itu semangkin besar lagi dok.. kalau boleh tau itu apa yah dok? Mohon di bantu karna saya ga berani ke dokter tp pernah waktu desember saya ke dokter tp dokter kandungan itu bilang ini tidak apa" tapi nanti harus di angkat jika saya sudah menikah saja. Kalau di angkat sekarang nanti selaput vagina saya robek jdi saya tidak perawan lagi makanya dokter trsebut menyarankan setelah menikah baru di adakan pengangkatan.. Terimakasih dokter

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Halo! Kami memahami kekhawatiran Anda. Sejak kapan Anda merasakan keluhan tersebut? Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada vagina. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:  

  1. Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.
  2. Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
  3. Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.
  4. Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.
  5. Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin  
  6. Pembengkakan kelenjar getah bening. Biasanya disebabkan karena ada infeksi, terutama bila timbul keputihan atau gatal pada vagina.

 

Untuk mengetahui benjolan itu berbahaya atau tidak, diperlukan pemeriksaan ke dokter. Dari pemeriksaan fisik, Dokter akan dapat menduga benjolan tersebut ganas atau tidak. Saran kami adalah Anda memeriksakan diri ke dokter.

Semoga penjelasan kami dapat diterima dengan baik dan keluhan Anda segera teratasi!

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO) 

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar