Sukses

Perdarahan Subkonjungtiva

31 Oct 2015, 19:25 WIB
Wanita, 51 tahun.

Dear dokter yang baik, Senin tgl. 9 maret 2015 yg lalu tiba2 mata kanan saya terkena pendarahan lumayan luas areanya. Saya sudah bawa ke rumah sakit mata, dan diberikan 2 macam obat tetes. Menurut dokter yang menangani saya penyebabnya beragam, diantaranya tekanan darah tinggi. Kondisi ini baru saya alami kali ini seumur hidup. Saya tidak punya riwayat tekanan darah tinggi. Yang saya tanyakan apakah hal seperti ini dapat terulang kembali ? Tks & salam,

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah perdarahan pada mata yang Anda maksud adalah pecahnya pembuluh darah dibagian putih mata, sehingga tampak gambaran bercak darah yang jelas pada bagian putih (sklera) mata?

Jika ya, maka kemungkinan yang Anda maksud adalah perdarahan subkonjungtiva. Terdapat banyak penyebab yang mengakibatkan pecahnya pembuluh darah kecil pada area ini, misalnya trauma mata (dari ringan misalnya mengucek mata, hingga berat seperti terpukul atau terlempar bola), tekanan darah tinggi, atau dapat tanpa sebab, dll.

Biasanya kondisi ini tidak berbahaya (walaupun tidak sesuai dengan penampakkannya yang mengkhwatirkan), tidak mengganggu fungsi penglihatan, dan dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus.

Namun, kondisi ini dapat terjadi berulang. Untuk itu anda perlu mengenali pencetusnya, kemudian mencegah atau menghindari faktor tersebut.

Apabila dalam kasus Anda penyebabnya dalah tekanan darah yang tinggi, maka anda perlu mengontrol tekanan darah agar tetap stabil diangka normal.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar