Sukses

Nutrisi Pada Anak

12 Mar 2015, 16:54 WIB
Wanita, 30 tahun.

Selamat siang dokter. saya mau tanya : anak saya pada saat lahir BB 2.5 KG, TB : 44 CM, jenis kelamin : laki - laki. sekarang umurnya sdh 7 bulan dgn berat 6.8 kg, panjang 67 cm. yang saya tau selama masih masa pertumbuhan masih bisa berkembang. benar tidak dokter? dan nutrisi apa saja atau makanan yg baek yg sy berikan pd anak saya agar dia bisa tumbuh optimal. terimakasih.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. 

Apakah saat ini anak Anda masih mengkonsumsi ASI? Apabila iya lanjutkan sampai dengan 24 bulan. Berikan makanan sehat, 3x makan besar, susu, dan 2 x snack setiap harinya. Makan besar terdiri atas karbohidrat, sayur, dan lauk pauk. Kandungan lauk pauk dan buah-buahan mengandung bahan-bahan diantaranya : 

  • Vitamin C merupakan antioksidan yang kuat yang meningkatkan kekebalan dan meningkatkan kekuatan penyembuhan dalam tubuh. Buah- buahan yang mengandung vitamin C diantaranya jeruk, stroberi , brokoli, tomat, buah kiwi, bayam dan semangka.
  • Sayuran mengandung banyak nutrisi penting untuk sistem kekebalan tubuh. Namun sayuran cenderung tidak disukai oleh anak-anak.  Beberapa sayuran yang baik meningkatkan kekebalan tubuh adalah bawang, daun bawang, brokoli, bayam, kubis dan jagung.
  • Zinc merupakan mineral yang sangat penting dan sering diabaikan. Mineral ini tidak hanya memperkuat sistem kekebalan tubuh, tetapi juga membantu anak-anak kita tumbuh dan berkembang. Maksimalkan asupan zinc si kecil sehingga mereka tidak hanya jarang sakit, tetapi juga memiliki konsentrasi yang lebih baik dan mengalami peningkatan perkembangan mental dan fisik mereka. Sumber makanan yang banyak mengandung zink diantaranya telur, daging merah, dan kacang-kacangan.
  • Protein terdiri atas asam amino. Asam amino membantu dalam produksi sel yang berperan imunitas. Jadi protein penting untuk membantu pembentukan sel-sel kekebalan si kecil. Beberapa sumber-sumber protein yang baik diantaranya adalah  ayam , ikan , telur , kacang-kacangan dan kacang-kacangan .
  • Omega 3 berperan dalam meningkatkan aktivitas makrofag, salah satu sel yang berperan dalam imunitas. Omega 3 banyak ditemukan dalam ikan salmon dan walnut.

Untuk bayi usia 7 bulan, cobalah secara bertahap pemberian MPASI mulai dari buah dan sayur baru setelah itu berikan protein hewani. Buah sayur yang dapat diberikan seperti alpukat, labu, kentang, pisang, pir, dll. Apabila anak tidak menimbulkan reaksi seperti muntah atau BAB mencret, pemberian protein hewani dapat diteruskan. Timbang berat badan anak setiap bulan. Untuk melihat kesesuaiannya dapat mengacu kepada grafik berat badan menurut WHO. Stimulasi anak Anda dengan tepat agar tumbuh kembangnya dapat optimal.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar