Sukses

Perdarahan Saluran Kencing

12 Mar 2015, 16:17 WIB
Pria, 24 tahun.

dok, hasil lab ada mikrohematuria +3 dan usg ada batu ginjal kecil sebelah kanan, apakah ada hubungannya?? dan apa obat dan perawatannya ya dok???

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Batu ginjal merupakan massa keras yang terbentuk dari pengendapan kristal yang ada di urin. Terapi yang diberikan bagi penderita batu ginjal perlu disesuaikan dengan ukuran batu yang terbentuk. Mikrohematuria dapat terjadi akibat iritasi saluran kemih karena adanya batu ginjal.

Untuk kasus batu ginjal yang berukuran 4 mm atau kurang, pada sekitar 90% kasus batu dapat keluar dengan sendirinya melalui urin. Pasien perlu meningkatkan asupan minumnya, menjadi 2-3 liter/hari, untuk mempercepat proses pengeluaran batu tersebut. Observasi proses pengeluaran batu melalui urin dapat dilakukan selama 30 hari, untuk melihat apakah batu dapat keluar dengan sendirinya sebelum diputuskan untuk dilakukan intervensi bedah. Terkadang beberapa obat-obatan dapat diresepkan oleh dokter untuk mempercepat pengeluaran batu ginjal yang berukuran kecil, seperti obat-obatan golongan calcium channel blocker atau golongan alpha blockers. Disamping itu, dokter juga akan memberikan obat-obatan untuk menghilangkan rasa sakit akibat sumbatan batu ginjal, antara lain dengan memberikan suntikan NSAID atau obat golongan opioid intravena di rumah sakit. Pemberian obat penghilang rasa sakit melalui mulut (oral) hanya efektif untuk menghilangkan rasa sakit yang tidak terlalu berat.

Namun, untuk batu yang berukuran lebih dari 6 mm perlu dilakukan intervensi lebih lanjut untuk mencegah komplikasi yang lebih berat. Tindakan-tindakan pengeluaran batu dapat dilakukan tanpa pembedahan, yaitu dengan ESWL (menggunakan getaran gelombang untuk memecahkan batu ginjal dalam tubuh), atau dengan tindakan pembedahan. Tindakan ESWL merupakan  tindakan yang tergolong aman karena bukan merupakan tindakan yang melibatkan pembedaha, dilakukan dari luar tubuh.

Pengobatan yang tidak tepat dan tidak segera terhadap kasus batu ginjal hanya akan menghambat pengeluaran batu tersebut dari dalam dalam tubuh suami Anda dan menimbulkan sumbatan lebih lanjut terhadap aliran urin di saluran kemih. Lebih lanjut, batu tersebut dapat terinfeksi dan menimbulkan komplikasi yang lebih berbahaya bahkan hingga penurunan fungsi ginjal.

Anda perlu membicarakan dan mendiskusikan dengan dokter urologi suami Anda mengenai kondisi kesehatan Anda. Jika memang kondisi Anda memungkinkan untuk dilakukan tindakan ESWL maka tindakan tersebut dapat dilakukan dengan aman.

Mengenai pertanyaan Anda, jika yang Anda maksud ESWL, prosedurnya tidak melalui dubur maupun vagina, tapi dari luar tubuh, bukan merupakan tindakan pembedahan dan tidak berhubungan dengan keperawanan. Pasien terlentang santai pada meja khusus dan setelah ditentukan lokasinya dengan x-ray dan atau ultrasound batu dihancurkan dengan gelombang kejut (shock wave) yang difokuskan kearah batu.

Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat mengakses artikel yang kami miliki, yang berjudul:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 
 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter.

0 Komentar

Belum ada komentar