Sukses

Takut Berjalan Jauh Setelah Terkena Tipes

31 Oct 2015, 19:39 WIB
Wanita, 25 tahun.

selamat siang dok saya 3bln yang lalu diiagnosa terkena tipes dan setelah sembuh saya merasa takut untuk berjalan jauh knp ya dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Jika yang Anda maksud adalah takut kelelahan dapat memicu timbulnya kekambuhan penyakit tipes, maka yang Anda pikirkan tidak salah.

Seringkali penyakit tipes kambuh pada penderita carrier (yang masih membawa kuman dalam tubuhnya) setelah melakukan aktivitas berat. Hal ini dipicu karena pada saat tubuh kelelahan, sistem kekebalan tubuh menjadi turun, sehingga kuman penyebab tipes yang masih ada dalam tubuh kembali menyerang menimbulkan gejala kekambuhan tersebut.

Olehkarena itu penting untuk menjaga kekebaalan tubuh dengan istirahat yang cukup, memenuhi kebutuhan gizi dan membiasakan prilaku hidup bersih dan sehat (mencuci tangan, dll).

Namun, bukan berarti hal ini malah menghambat anda dalam beraktivitas. Yang anda perlukan adalah mencukupi kebutuhan waktu istirahat Anda, menjaga makanan yang anda konsumsi mempunyai nilai gizi yang baik untuk tubuh, dan tentunya makanan tersebut terjaga kebersihannya. Dan apabila anda merasakan gejala penyakit, segera memeriksakan diri kepada dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar