Sukses

Sering Lemas, Pusing dan Pucat

31 Oct 2015, 19:46 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok' saya mengalami cedera pinggang saat ngegym, sebelumnya sudah saya tanyakan ke klikdokter.com Beberapa gejala penyakit saya sudah mengerti dan saya sudah berobat k rmh sakit setelah di ronsen dan di Cek darah hasilnya baik semua Hanya tensi darah saya saja sering tinngi Dalam brapa hari ini badan saya tdk ada perubahan, saya sering lemas, pusing dan wajah saya pucat Sebetulnya penyakit apa saya dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Jika setelah dilakuakn pemeriksaan degan hasil dalam batas normal, maka perlu dipikirkan adanya kemungkinan bahwa penyebab keluhan Anda bersumber dari pikiran, yaitu kekhawatiran akan mengidap suatu penyakit disebut dengan gangguan psikosomatis.

Gangguan psikosomatis adalah terjadinya keluhan fisik namun tidak ditemukan adanya gangguan fisikal yang dapat menjelaskan penyebab dari keluhan tersebut. Sindroma ini diklasifikasikan sebagai bagian dari neurotik, gangguan yang berkaitan dengan stres, dan gangguan somatoform oleh World Health Organization. Keluhan Anda mengarah ke psikosomatis bila tidak ditemukan kelainan baik fisik maupun pemeriksaan fisik dan penunjang pada Anda. Selain itu keluhan Anda tidak membaik dengan berbagai obat-obatan yang sudah diberikan.

Pengobatan psikosomatis merupakan integrasi berbagai bidang ilmu seperti psikiatri, psikologi, neurologi, dan berkaitan dengan bidang keluhan Anda yaitu penyakit dalam. Sebelumnya harus dicari terlebih dahulu apa pencetus dari psikosomatis ini, apakah faktor stres, depresi, atau penyakit kronik yang membuat seseorang menjadi depresi atau malah ketakutan bila mengidap penyakit tertentu.

Untuk itu terlebihh dahulu Anda membiasakan pola hidup bersih dan sehat. Dan apabila keluhan tidak juga membaik, maka anda daapt melakuakn pemeriksaan ulang atau pemeriksaan lanjutan untuk mencari penyebab lain dari keluhan Anda. Dan jika hasilnya tetap dalam batas normal, pertimbangkan untuk melakuakn konseling kepada dokter psikiatri.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar