Sukses

Gangguan Haid Saat Memakai Pil Kontrasepsi

12 Mar 2015, 14:03 WIB
Pria, 34 tahun.

Dok. sejak agustus 2014 haid tdk normal. Lalu saya konsultasi ke dokter spesialis kadungan dan hormon, di beri pil KB (Yasmin) dan vitamin. Apabila saya berhenti konsumsi pil KB saya tidak haid. Begitu seterusnya. lalu saya konsultasi ke bidan di beri pil KB katanya menyuburkan kandungan. Tetapi bulan ini pil KB (Heynna) sudah habis tapi saya belum haid. Apa penyebabnya ya dok. Mohon penjelasannya...

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Perlu diketahui bahwa seluruh metode kontrasepsi yang bersifat hormonal, baik itu suntik, pil, spiral maupun susuk, dapat merubah regulasi hormon di dalam tubuh wanita dan menyebabkan gangguan menstruasi. Biasanya, kondisi perubahan hormon ini diawali dengan perdarahan tidak teratur, terutama pada 3 bulan awal penggunaan alat kontrasepsi. Keluhan seperti flek, menstruasi sedikit atau bahkan tidak menstruasi sama sekali disebabkan karena menipisnya lapisan lendir rahim. Selain itu kembalinya kesuburan juga akan lebih lama pasca penghentian kontrasepsi hormonal.

Jika keluhan ini dirasakan sangat menganggu Anda, kami sarankan Anda melakukan konsultasi lebih lanjut secara langsung dengan dokter kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh sehingga dapat diketahui penyebab dari keluhan Anda dan dilihat metode kontrasepsi apa yang nantinya cocok untuk Anda. 

Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca:

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Salam sehat, 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar