Sukses

Fungsi Ginjal Dan Gangguan Kulit

31 Oct 2015, 20:59 WIB
Pria, 33 tahun.

Selamat pagi dok, saya mau bertanya beberapa hal : 1. Apakah normal bila kita makan makanan yg bercita rasa gurih & selang 1 atau 2 jam ketika buang air kecil berbau seperti makanan yg kita makan tadi? Padahal sebelumnya tidak pernah terjadi kasus seperti itu (air seni tidak berbau kecuali mengkonsumsi makanan yg cukup ekstrim seperti petai). 2. Apakah hal itu mengindikasikan terjadinya gangguan pada ginjal, tetapi sebelumnya telah dilakukan pengecekan ginjal yg terdiri dari cek Urea N, Creatinin, Asam Urat, Cystatin C, Hematologi Rutin, dan semua dinyatakan normal terkecuali ada satu pengecekan yg belum dilakukan karena ketiadaan alat di laboratorium yaitu B-2 Mikroglobulin. 3.Selain itu yg bersangkutan akhir-akhir ini sering mengalami gatal-gatal yg berpindah pindah, kadang di lengan, paha, perut, dada, sedang awal mula gatal-gatal berupa bintik-bintik merah di telapak tangan yg ukurannya berbeda-beda (besar kecilnya) & terasa gatal juga sedikit perih. 4. Sekedar tambahan bahwa yg bersangkutan hanya memiliki satu buah ginjal sebelah kanan, ginjal kiri sudah diangkat akibat kecelakaan. 5. Atas perhatian & jawaban dokter kami ucapkan terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Bau menyengat yang terkandung dalam apa yang kita makan (misalnya petai, jengkol, penyedap rasa sintetis, dll) memang bisa saja masih ada pada saat keluar bersamaan kencing, dan hal tersebut bukan berarti kondisi ginjal Anda bermasalah.

Untuk mengetahui fungsi ginjal, memang perlu dilakukan serngkaian pemerisaan, baik fisik, darah, USG atau lainnya, dan bila telah dilakuakn dan dinyatakan normal, maka kemudian seharusnya tidak perlu dikhawatirkan lagi.

Mengenai gatal pada kulit yang berpindah atau menyebar  merupakan suatu gejala gangguan kulit yang umum dan dapat terjadi pada hampir semua gangguan kulit. Untuk memastikan penyebabnya diperlukan evaluasi secara langsung. Sebaiknya kondisi ini dikonsultasikan kepada dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar