Sukses

Efek Samping KB Steril

31 Oct 2015, 17:20 WIB
Wanita, 32 tahun.

Saya operasi sesar anak ke 3 dibln oktober 2014, sy dan suami sepakat utk tutup/steril krn uda 3x sesar.yang ingin saya tanyakan...1.apakah ada efek samping saat berhubungan sex jika sudah steril? Krn yg saya rasakan hingga saat ini saat berhubungan sangat sulit keluar pelicinnya bahkan sering tdk keluar.tdk hanya itu saja terkadang gairah sex pun tdk ada.bagaimana solusinya Dok? 2. Berapa lama seorang ibu mengalami baby blues? Bagaimana cara mengatasinya?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Steril merupakan salah satu metode Kontasepsi Mantap / Kontap yang sangat efektif dan permanen dimana prosedur pembedahan ini merupakan upaya sukarela untuk menghentikan fertilitas (kesuburan seorang perempuan). Cara Kerjanya dengan mengikat atau memotong atau memasang cincin pada saluran yang menghubungkan indung telur dan rahim sehingga sperma yang masuk tidak dapat bertemu dengan sel telur. Dengan cara ini, tidak ada perubahan dalam fungsi seksual karena tidak ada efek pada produksi hormon, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan mitos tersebut.

Keuntungan lain dari metode ini selain keefektifannya yaitu,

  • tidak mempengaruhi proses menyusui ketika Bayi Anda lahir nanti
  • tidak mempengaruhi faktor senggama (kuantitas dan kualitas)
  • tidak ada efek samping dalam jangka panjang
  • pembedahan yang dilakukan dengan cara sederhana dan dapat menggunakan bius lokal
  • merupakan pilihan yang baik bagi pasien apabila kehamilan akan menjadi resiko kesehatan yang serius, Dalam hal ini sesuai dengan kondisi Istri Anda yang sebelumnya telah menjalani operasi caesar.
  • berkurangnya resiko kanker ovarium/indung telur.

Olehkarena itu perlu dicari tahu lebih lanjut mengenai kemungkinan lain yang menjadi penyebab gairah seks anda menurun, dan tidak keluarnya cairan pelicin tersebut.

Mengenai baby blues syndrome atau perasaan sedih sesaat yang dialami setelah melahirkan, merupakan kondisi depresi berat yang seringkali ditandai dengan perasaan kesedihan atau kosong, menarik diri dari teman dan keluarga, dan merasa gagal, bahkan ingin bunuh diri. Perasaan ini dapat bermulai dua atau tiga minggu setelah persalinan dan dapat berlangsung hingga setahun atau lebih jika tidak ditangani.

Jika merasakan gejala tersebut sebaiknya Anda segera konsultasikan dengan dokter, lakukan konseling atau tenaga kesehatan lainnya untuk diagnosis dan tata laksana lebih lanjut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar