Sukses

Ablatio Retina

11 Mar 2015, 10:55 WIB
Wanita, 22 tahun.

olah raga apa yg cocok untuk saya yang memiliki resiko ablasio retina dalam menurunkan berat badan?

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Dalam pelaksanaan olahraga penderita ablatio retina, disarankan bukan olahraga yang memiliki lonjakan kontraksi otot yang tinggi, olahraga ringan seperti jalan dapat dilakukan, sebelumnya saya jelaskan mengenai eye floaters/ablatio retina

Eye floaters merupakan endapan di dalam lapisan vitreous mata yang seperti kaca. Gejala yang dikeluhkan umumnya seperti noda-noda hitam yang mengambang atau melayang di dalam penglihatan ketika kita melihat ke sekeliling. Eye floaters dapat muncul hanya pada 1 mata atau di kedua mata.

Dalam mata terdapat ruang besar berisi cairan / gel vitreous yang biasa disebut badan kaca. Cairan ini merupakan bagian dari media refraksi dan umumnya berwarna jernih.  Bila terbentuk deposit/endapan dari cairan vitreous, deposit itu akan mengambang dan tampak seakan-akan benda tersebut melayang di depan mata. Ketika mata bergerak dari satu sisi ke sisi lain atau ke atas dan ke bawah, helai-helai, endapan, atau kantung-kantung ini juga berpindah posisi di dalam mata, sehingga membuat bayangan-bayangan yang bergerak dan tampak mengambang atau berombak-ombak.

Sebagian besar Floaters tidak berbahaya dan tidak mempengaruhi penglihatan serta tidak perlu diobati. Walaupun Floaters tidak akan menghilang seluruhnya tetapi lambat laun gangguan Floaters ini dapat hilang dengan sendirinya. Namun kadangkala Floaters merupakan gejala awal dari robeknya retina (ablatio retina), jika ini terjadi maka merupakan keadaan yang serius karena dapat menyebabkan kebutaan. Saran kami, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis mata untuk mengetahui apakah foalters pada Anda merupakan tanda terjadinya ablatio retina atau bukan. Dalam menentukan diagnosa suatu penyakit membutuhkan pemeriksaan fisik secara detail.

Peningkatan foaters secara tiba-tiba kilauan cahaya seketika seperti kilat yang disebabkan oleh pergesekan cairan vitreus atau tertariknya lapisan retina yang diikuti daya penglihatan yang berkurang bisa mengindikasikan terjadinya ablasio retina. 

Oleh karena itu kami sarankan Anda segera melakukan konsultasi dengan dokter spesialis mata agar mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar