Sukses

Giant Fam

11 Mar 2015, 09:34 WIB
Wanita, 23 tahun.

Hi dok, Krna tdak menyusui sy ada giant fam di payudara kiri. Oprasi di lakukan pd tahun 2009. Siuman oprasi sy melihat payudara kanan saya d beri lingkaran pd spidol. Sy bertanya katanya 3 bln hrus oprasi lg. Krna biaya tidak sedikit saya menabung untuk itu tp di 2013 saya hamil lg anak ke2 sempet mau di gugurkan tp rasaya nya tdk tega. Hanya pasrah. Tp akhirnya fam yg tdnya kecil lama2 mulai membesar krna pas hamil payudara kan membesar. Di Usia 4bln sy hamil sy ingin sekali klo nnt menyusui. Hasil lab tidak "di temukan sel kamgker" dan hasilnya giant fam. Dokter bilang silahkan saja kalo nnt mau menyusui Puji syukur saya bs menyusui anak ke dua dan ini pengalaman sy krna anak per1 tdk sy susui. Dok sy galau apa saya harus stop menyusui dan melakukan oprasi atau lanjut menyusui sampai 24bln? Dan satu lg dok,setelah nnt oprasi apa boleh saya menggunakan breast up agar payudara saya tidak kendur dan tetap sehat? Dok bagaimana menurut dokter apa breast up itu baik untuk kesehatan payudara? Sy takut bener klo nnt malah jd kangker. sekian,Terimakasi.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kanker payudara biasanya mengenai wanita setelah melewati usia 35 tahun. Penyebab kondisi ini masih belum diketahui dengan pasti, namun terdapat beberapa faktor yang ditengarai berperan, seperti:

  • Genetik

  • Hormon

  • Makanan (tinggi lemak dan atau bersifak karsinogenik)

  • Radiasi.

Kanker atau keganasan di payudara dapat timbul dengan beberapa gejala sebagai berikut:

  • Pembengkakan atau benjolan di ketiak

  • Kulit di sekitar payudara mengerut seperti jeruk atau disebut peau d'orange

  • Puting tertarik ke dalam

  • Keluar cairan dari puting, dapat darah, bening, atau warna lain

  • Nyeri di benjolan (namun ini subjektif)

  • Perubahan dari puting seperti rasa gatal, panas, perlukaan.

Berikut kami lampirkan artikel yang dapat bermanfaat:

Saran kami sebaiknya Anda tetap menyusui anak Anda sampai dengan 24 bulan apabila dalam perkembangannya tidak terdapat gejala yang mengarah ke arah kanker. Apakah yang Anda maksud adalah breast up bra? Penggunaan breast up bra boleh saja digunakan, namun tentunya setelah luka operasi menyembuh. Selain itu penting juga untuk menjaga kebersihan kulit payudara selama menyusui, makan makanan sehat, hindari junk food, dan lakukan olahraga secara teratur.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar