Sukses

Terapi Trombositosis

31 Oct 2015, 17:32 WIB
Wanita, 35 tahun.

salam kenal dok, trm ksh atas info sblmnya mengenai trombositosis, sy ingin sharing lagi, apakah pd saat mengalami hal tsb, harus segera dirawat di rs? Atau tgu reaksi obat yg diberikan dokter? Krn saat ini tdk ada kamar kosong utk rs disekitar rmh.. shg sy coba rawat jalan dulu,... mohon masukannya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Trombosit merupakan salah satu komponen darah yang berfungsi dalam proses pembekuan darah. Jumlah trombosit normal dalam tubuh manusia yaitu 200.000-400.000. Bila kurang dari normal dapat menyebabkan perdarahan karena fungsi pembekuan darah pada tubuh berkurang.

Sedangkan Jumlah trombosit yang lebih dari 400.000 disebut dengan trombositosis. Bila tidak jelas penyebabnya, bukan dikarenakan penyakit lain maka disebut trombositosis esensial. Pada trombositosis esensial, jumlah trombosit seseorang dapat mencapai 1.000.000.  Keadaan ini harus segera ditangani karena trombositosis ini dapat menyebabkan gangguan penyumbatan maupun perdarahan.

Penyakit ini biasa timbiul pada usia tua yaitu 50 – 70 tahun, namun tidak menutup kemungkinan untuk terjadi pada anak-anak dan remaja. Pada umumnya penyakit ini tidak menimbulkan gejala apa-apa. Biasanya diketahui oleh pasien saat sedang check-up rutin.

Dari hasil pemeriksaan darah dapat diketahui jumlah trombosit pasien. Bila ada gejala, biasanya gejala yang timbul adalah:

  • Penyumbatan
    Gejala penyumbatan seperti tangan dan kaki kram.

  • Nyeri dada, atau terjadi stroke
    Hal ini terjadi karena trombosit yang merupakan faktor pembekuan berkumpul di pembuluh darah karena jumlahnya yang berlebihan sehingga menyumbat aliran darah.

  • Pendarahan
    Atau dapat pula yang timbul adalah gejala perdarahan seperti perdarahan pada saluran cerna atau perdarahan pada kulit (muncul ruam-ruam kemerahan). Hal ini dapat disebabkan karena trombosit dengan jumlah banyak tersebut berbentuk tidak normal sehingga fungsinya sebagai faktor pembekuan juga terganggu.

Apabila terdapat gejala-gejala tersebut tentunya dibutuhkan perawatan di RS. Namun bila tidak, trombositosis umumnya dapat diterapi dengan obat-obatan oral dan dapat rawat jalan.

Berikut Kami Sertakan Artikel Terkait:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar