Sukses

Bekas Operasi Caesar Keluar Nanah

11 Mar 2015, 08:01 WIB
Wanita, 27 tahun.

Luka bekas Cesar yg sdh kering tiba2 bengkak memerah dan klur Nanah,Cr cepat agar mngobati nya gmna,Dok.?

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Perdarahan dan nanah yang terjadi pada bekas luka operasi caesar biasanya memang disebabkan oleh  infeksi, yang dapat disebabkan oleh banyak hal. Jika sebelumnya luka tersebut sudah kering, seharusnya tidak ada masalah yang terjadi selama operasi. Biasanya bekas luka operasi tersebut dapat terbuka oleh karena perawatan yang kurang tepat atau beraktivitas terlalu berat dalam waktu yang terlalu dini pasca operasi, yang dapat mengakibatkan luka terbuka. Luka tersebut dapat terinfeksi oleh kuman yang berada di sekitar kita.

Perawatan pasca operasi caesar tidak ada yang khusus, sama dengan perawatan luka biasa. Hanya karena perut disayat agak besar, maka dianjurkan untuk tidak mengangkat barang berat, tidak mengedan agar tekanan di dalam perut tidak meningkat, dan menyebabkan jahitan dapat terbuka. Jagalah daerah bekas operasi tetap kering dan bersih dengan mengganti perban sehari 2 kali. Tapi biasanya pasca operasi caesar, selama 5-7 hari tidak diperkenankan mengganti perban sendiri, nanti pada saat Anda kontrol baru diganti oleh Dokter Kandungan.

Kami sarankan Anda untuk segera kontrol kembali kepada dokter kandungan Anda untuk mengevaluasi dan menatalaksana luka operasi caesar tersebut, agar infeksi dapat segera ditangani.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar