Sukses

Cedera Lutut dan Terapi Urut

17 Apr 2015, 12:48 WIB
Pria, 20 tahun.

salam kenal dok ,, disini saya mau nanya tentang cedera lutut saya, 2thn silam wktu main futsal saya menendang bola sambil berlari dan tumpuhan kaki kanan saya tidak kuat menopang dan akhirnya terjadi pergeseran pada lutut, lalu saya bawa ketukang urut, sama tukang urutnya lutut saya hanya di lurusin dan otot yang kakunya di bikin kendor walaupun masih sdikit kaku, dan saya disuruh istirahat 2bulan. karena saya gila bola stelah skitar 5hrian sya pakek main bola walaupun masih terasa sakit saat menendang, rasanya ada benturan pada lutut bagian depan, namun setelah seminggunya lagi saya main bola sudah ndak sakit dan juga tidak terasa kalau masih sakit, namun dalam 2thun ini bisa di prosentasi bahwa setiap 1bulan sekali, lutut saya pasti sakit saat salah tumpuhan atau saat menggocek bola namun 3hri di istirahatkan sudah hilang rasa sakitnya. Dan 3hri kemaren saya jatuh lagi dan agak parah kaki saya tidak bisa diselonjorkan dengan lurus namun dapat ditekuk2. trus sya bawa ketukang urut katanya ada tempat otot yang telah ditumbuhi daging shingga ototnya bergeser sedikit, dan kata tukang urutnya saya disuruh untuk menaik turunkan bagian yang ada pada lutut yang cekung pada kiri dan kanan yang letaknya dibagian lutut yang depan, agar dagingnya bergeser dan ototnya bisa kembali ,, yang saya tanyakan apakah metode tukang urut ini benar dan apakah cedera seperti ini itu parah ?? mohon pencerahannya, terima kasih ..

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Saudara yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apabila terdapat keluhan akibat cedera yang melibatkan tulang, tindakan yang perlu dilakukan adalah pemeriksaan radiologi (roentgen) sehingga dapat terlihat adakah tulang yang retak atau patah, adakah cedera jaringan sekitar, dan sebagainya. Manipulasi, pemijatan, penekanan pada daerah yang nyeri pun tidak dianjurkan apabila belum didapatkan gambaran diagnosis yang jelas, karena dapat memperberat cedera jaringan, menimbulkan komplikasi ke jaringan sekitarnya.

Trauma pada lutut dapat mengakibatkan berbagai gangguan ataupun peradangan pada sendi. Trauma pada lutut dapat mengakibatkan peradangan pada sendinya ataupun tulang yang terlibat. Kemungkinan lain adalah cedera atau patah pada tempurung lutut. Kemungkinan berikutnya adalah putusnya ligamen penyangga lutut. Namun semua ini akan tergantung dari detail kejadian trauma dan kerasnya trauma yang terjadi. 

Trauma pada lutut yang tidak tertangani dapat menjadi osteoartritis atau peradangan pada tulang tempurung lutut. Saat ini, nyeri yang Anda rasakan merupakan tanda terjadi peradangan pada jaringan sekitar lutut. Kami sarankan agar anda segera berkonsultasi langsung ke dokter spesialis bedah tulang (orthopaedi) untuk evaluasi lebih lanjut mengenai kondisi lutut anda. Mungkin dibutuhkan pemeriksaan penunjang seperti roentgen lutut atau MRI untuk melihat sejauh mana cedera yang terjadi, sehingga Anda dapat memperoleh penanganan yang optimal.

Demikian penjelasan kami. Semoga keluhan Anda lekas teratasi.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar