Sukses

Anak Terlalu Banyak Minum Susu

11 Mar 2015, 08:09 WIB
Pria, 28 tahun.

malam dok, anak saya usianya 2,5 tahun..semenjak usia 3 bulan tidak minum asi dan minum susu formula hingga sekarang..1 hari bisa meghabiskan 960 ml susu formula..bahayakah dengan pertumbuhannya kelak dok..Terima kasih

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya, izinkan kami bertanya, bagaimana dengan pola makannya? Bagaimana tinggi dan berat badan anak Anda?

Anak usia di atas satu tahun umumnya makan besar tiga kali sehari, diselingi dengan snack dua kali sehari. Snack bisa berupa buah atau biskuit. Sementara itu, susu sudah tidak menjadi kebutuhan utamanya. Anak cukup minum susu 600-700 cc dalam sehari. Jika lebih dari itu, dikhawatirkan malah akan memangkas porsi makanan utamanya.

Berikut ini kami sertakan tips yang dapat membantu anak untuk menyenangi makanan dan makan dengan lebih mudah:

  1. Mengurangi cemilan yang membuat anak kenyang

  2. Buat suasana makan yang menyenangkan bagi anak

  3. Jangan cepat menyerah jika anak tidak menyukai makanan yang kita tawarkan. Coba ulangi lagi dengan suasana yang berbeda.

  4. Sajikan makanan yang cukup bervariasi kepada anak sehingga anak tidak bosan.

  5. Tambahkan susu secukupnya. Jangan berikan susu pada anak dalam jumlah berlebihan. Jumlah susu yang berlebihan akan menyebabkan anak kekenyangan sehingga anak tidak mau makan lagi. Cukup 2-3 gelas susu sehari.

  6. Berikan jadwal makan teratur dalam jumlah yang kecil, jangan paksa anak menghabiskan makanannya

  7. Hindari menunjukkan wajah khawatir atau marah ketika anak tidak mau makan. Perhatian terhadap kelakuan anak yang kurang baik justru dapat membuat anak terus melakukannya lagi

  8. Bila anak mau makan atau mau menghabiskan makanannya maka berilah pujian

  9. Jangan biarkan anak minum dalam jumlah banyak sesaat sebelum makan. Minum dapat membuat kenyang dan membuat anak tidak mau makan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar