Sukses

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

10 Mar 2015, 23:22 WIB
Pria, 30 tahun.

Mlm dok Saya mau tanya Bagaimana cara mempercepat proses memperbauki jaringan sel kulit yang rusak dan mempercepat proses pertumbuhan daging

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Penyembuhan luka adalah proses penggakeberntian dan perbaikan fungsi jaringan yang rusak. Penyembuhan luka bergantung pada lokasi, keparahan, luasnya cedera, kondisi kebersihan dan kesehatan individu (faktor penghambat: diabetes). Proses penyembuhan luka dibagi dalam 3 fase, yaitu:

1. Fase Inflamasi/perdangan: berlangsung sejak terjadinya luka sampai hari ke 3-5. Terjadi penyempitan pembuluh darah dan berkumpulnya trombosit untuk menghentikan perdarahan dan mencegah infeksi.

2. Fase Proliferasi/regenerasi: berlangsung dari akhir fase peradangan sampai kira-kira akhir minggu ketiga. Biasanya luka imatur disertai beberapa gejala seperti merah, gatal, nyeri, dan kekakuan kulit.

3. Fase Remodeling/maturasi: dapat berlangsung berbulan-bulan sampai bertahun-tahun dan dinyatakan berakhir sampai tanda peradangan menghilang. Luka yang matur ditandai dengan warnanya yang pucat, tidak nyeri ataupun gatal, lembut, dan lentur.
 
Kenapa bisa gatal?
Kulit memiliki serat syaraf khusus untuk nyeri/gatal yang mengirim respons kepada otak jika terjadi iritasi/luka pada kulit dan menimbulkan sensasi gatal/nyeri. Pada fase proliferasi juga terjadi migrasi sel-sel dan kontraksi jaringan kulit yang bertujuan untuk menutup luka dengan jaringan baru, hal ini memicu stres mekanik pada kulit dan menimbulkan rasa gatal. Gatal pada luka memang biasanya terjadi pada fase proliferasi (fase kedua), fase dimana luka akan segera sembuh. Namun, gatal bukan berarti pertanda pasti bahwa luka akan sembuh, banyak hal yang dapat memicu gatal seperti zat kimia, kulit kering, alergen, dll.
 
Perawatan luka
  • Jika luka berdarah, tekan luka dengan kain atau kassa bersih selama 10-20 menit untuk menghentikan perdarahan
  • Jika luka kotor, bersihkan kotoran dengan air mengalir
  • Jika sudah bersih, oleskan salep antibiotik dan tutup dengan kasa steril. Ganti kassa setiap hari untuk mencegah infeksi.
  • Luka harus selalu dipastikan dalam keadaan bersih, kebersihan tubuh juga harus dijaga untuk mencegah infeksi.
  • Perhatikan asupan nutrisi Anda. Protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, C dan E berperan penting dalam mempercepat penyembuhan luka. Zink dapat mempercepat proses proliferasi
  • Jika ada tanda infeksi: kemerahan, bernanah, nyeri bertambah, segera konsultasikan ke dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar