Sukses

Kucing dan Kehamilan

10 Mar 2015, 22:25 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, skrg saya hamil 5bulan dan tanpa sengaja saya menghirup/menelan bulu2 kucing,lalu menempel di leher bagian dalam sehingga sy sering batuk. apa yg hrs sy lakukan? bgmna dampak pada sy dan janin?trmksh

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sebenarnya yang berbahaya di masa kehamilan adalah infeksi dari kuman TORCH (toksoplasma, rubella, CMV, Herpes) yang dapat menyebabkan kecacatan pada janin. Penularan parasit toksoplasma adalah melalui penelanan kista parasit yang terdapat pada makanan mentah.

Host dari parasit toksoplasma ini adalah kucing dimana penularannya adalah melalui 'pub' kucing yang terdapat kista toksoplasma. Kucing yang dapat menjadi host dari toksoplasma ini umumnya adalah kucing liar yang suka makan makanan mentah.

Jadi tidak semua kucing menjadi host atau sumber penularan dari toksoplasma. Apabila kucing teman Anda merupakan kucing rumahan yang tidak pernah keluar rumah, makan makanan khusus kucing (kering dan basah) atau makan makanan matang, serta dirawat dan dimandikan, maka kucing tersebut tidak berbahaya bagi kehamilan.

Disarankan juga untuk wanita hamil agar tidak membersihkan kotoran kucing untuk mencegah kontak dengan kista tersebut. Bulu kucing sendiri bukanlah merupakan salah satu sumber penyebab penyakit. 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

Redaksi Klikdokter.

0 Komentar

Belum ada komentar