Sukses

TB dan Kehamilan

10 Mar 2015, 22:12 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok,saya lagi dalam proses pengobatan TB kelenjar,dan sekarang sudah masuk bulan ke-6,karena 2 bulan terakhir tidak datang bulan,saya coba untuk test kehamilan,dan hasilnya positif,yg saya tanyakan apakah obat TB ( RIFAMPICIN ,total sekali konsumsi 450mg,dengan jarak konsumsi diselang 1 hari ) yg selama ini saya konsumsi,berbahaya atau tidak pada kandungan saya,berhubung 2 bulan ini saya tidak tau kalau saya sedang hamil,dan apakah saya harus melanjutkan pengobatan TB saya ataukah harus distop dulu...mohon jawaban segera dari dokter,terimakasih!

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. 

Obat anti TB (OAT) lini pertama (Rifampisin, Isoniazid, Pirazinamid, dan Etambutol) aman digunakan selama kehamilan, kecuali Streptomisin. Anda tidak perlu ragu menggunakan obat anti TB pada kehamilan baik untuk TB paru maupun TB luar paru (kelenjar, usus, tulang, dll), dan tidak perlu menghentikan obat anti TB bila selama pengobatan ternyata hamil. Konsumsi obat anti TB selama kehamilan akan menyelamatkan ibu dan bayinya dari sakit TB. Selain itu juga akan membebaskan orang sekitar dari risiko tertular penyakit ini. 
 
Hal yang perlu dipersiapkan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol. Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas. Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.
 
Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami

0 Komentar

Belum ada komentar