Sukses

Flek Setelah KB

10 Mar 2015, 22:32 WIB
Wanita, 25 tahun.

Halo dok, Saya mau tanya,setelah suntik kb 3 bulan,selama 6 bulan saya belum haid. Setelah 2 bulan suntik saya mengalami spotting selama beberapa bulan. Kata dokter itu gangguan hormonal,adakah cara untuk menyeimbangkan kembali hormon dengan cara alami? Terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.


Kontrasepsi suntikan KB 3 bulan mengandung long-acting progestin, yaitu Norestiteron enantat (NETEN) dengan nama dagang depomedroksi progesterone acetat (DPMA), 150 mg yang diberikan setiap 3 bulan. Hormonal ini akan berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistim hormon di dalam tubuh.

Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik bisa tidak mens. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Darah tersebut berasal dari peluruhan lapisan dinding rahim seperti darah haid yang mengalami ketidakteraturan akibat pengaruh hormon. 

Untuk itu, bila Anda merasa tidak nyaman dengan efek samping dari KB Suntik 3 bulan. Anda bisa berkonsultasi dengan doter Anda dan memilih metode kontrasepsi lainnya. Apakah sampai saat ini masih keluar flek-flek?

Kami sertakan artikel: Keluarga Berencana (KB), untuk informasi mengenai pilihan-pilihan metode kontrasepsi.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 
Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar