Sukses

Penjelasan Tentang Penyakit Lupus
10 Mar 2015, 10:27 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok pada tangan saya tiba tiba muncul ruam-ruam merah yang sakit bila disentuh. Padahal saya tidak merasa digigit serangga atau terbentur benda tumpul. Salah satu gejala penyakit lupus yang saya tahu adalah munculnya ruam merah tiba-tiba. Mohon penjelasannya Dok tentang penyakit lupus. Terimaskaasih Dok.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Penyakit lupus lengkapnya disebut systemic lupus erythematosus (SLE) atau lupus eritematosus sistemik (LES), adalah penyakit autoimun yang dapat mengenai seluruh sistem organ tubuh. Pada SLE / LES terjadi ketidakseimbangan sistem imun (daya tahan tubuh) yang menyebabkan reaksi tubuh terhadap jaringan yang sehat. 

Penyebab SLE / LES belum diketahui, namun predisposisi genetik, hormon seks, dan lingkungan diduga memiliki pengaruh dalam perkembangan penyakit ini.

Mengingat penyakit ini dapat mengenai berbagai sistem organ tubuh, gejalanya bervariasi meliputi: demam, lemas, penurunan berat badan, kemerahan khas pada wajah berbentuk kupu-kupu (butterfly rash), nyeri otot dan sendi, gangguan saluran kemih, gangguan jantung, sistem pencernaan, kelainan darah, gangguan saraf, faktor psikologis, dsb.

Belum ada terapi yang dapat menyembuhkan SLE / LES 100%. Terapi yang ada saat ini hanya ditujukan untuk mengatasi gejala dan mencegah kekambuhan. Lebih lengkap mengenai SLE / LES dapat anda baca dalam indeks penyakit kami dalam waktu dekat. Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam, 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar