Sukses

Bayi Dengan Napas Grok-Grok
11 Mar 2015, 10:26 WIB
Wanita, 34 tahun.

Salam,. Anak saya berusia 10 hari (baru lahir).. kemarin batuk pilek nafasnya kadang bila malam hari seperti tersumbat. Saya bawa ke Puskesmas dan ditangani Dokter Umum,..lalu diberi obat (puyer dalam bentuk racikan). Pertanyaannya, apakah bagus dan normal bayi kami yang baru 10 hari sudah diberi obat (puyer/racikan ? ... Terima kasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. 

Apakah ada gejala penyerta lain seperti demam, napas cepat, retraksi dada, napas cuping hidung? Bagaimana dengan lendirnya? Apakah berwarna? Apakah ada dewasa yang sakit serupa di sekitar bayi Anda? Penegakan diagnosis pada anak Anda harus dilakukan dengan pemeriksaan langsung. Bisa saja anak Anda mengalami infeksi pernapasan. Apabila memang benar mengalami infeksi, anak Anda memang harus mendapatkan antibiotik dan obat-obatan lainnya. 

Apabila terdapat gejala penyerta lainnya, cobalah memperhatikan gejala anak Anda kembali dan memeriksakan anak Anda ke dokter spesialis anak untuk memastikan diagnosis dan penanganan lebih lanjut.

Perlu diketahui bahwa suara napas bayi baru lahir kerap mengeluarkan suara aneh saat bernapas, seperti suara lendir di dalam saluran napas. Suara lendir terjadi akibat saluran napas yang masih lunak sehingga setiap menghirup udara napas, tercipta tekanan negatif yang membuat saluran napas tersebut berbunyi seperti grok. Namun, terdapat pula lendir yang normal di dalam saluran napas bayi pada bulan pertama kelahirannya.

Demikian pula dengan suara mendengkur. Sebetulnya ia tidak benar-benar mendengkur. Suara ini hanyalah suara vibrasi dari langit-langit lunak di bagian belakang mulutnya saat bernapas. Pada saat lain , mungkin ia mendengus. Suara ini disebabkan konstruksi hidungnya yang terlalu mungil sehingga masuknya udara menimbulkan bunyi-bunyian tertentu. Seiring dengan pertumbuhannya, bunyi-bunyian ini akan lenyap dengan sendirinya. Menjemur bayi di bawah sinar matahari yang banyak mengandung vitamin D akan membantu menghilangkan suara tersebut. Vitamin D membantu mengoptimalkan fungsi pernapasan.  

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar