Sukses

Penyebab Jerawat
09 Mar 2015, 20:42 WIB
Wanita, 17 tahun.

hy dokter ... sy remaja kelas 2 SMA .. sejak pertama kali haid sampai sekarang saya sering mengalami masalah kulit yaitu jerawat .. dulu waktu umur 14 tahun sy pernah ke dokter dan klinik kecantikan di kupang NTT terus d kasih sy melakukan perawatan kiulit menghilangkan jerawat dan sekaligus di Neo (katanya untuk agar tidak terjadi infeksi bekas di facial) alhamdulillah jerawat sy hilang dan tidak munsul kembali ... setahun kemudiaan sy pindah ke jakarta untuk sekolah , tapi semenjak pindah di jakarta sy jerawatan kembali ... dan jerawatnya lebih parah dari sebelumnya ... knapa bisa begini dok ?? mohon penjelasannya .... makasih

 

Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini: 

  • Stres
  • Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
  • Kelenjar minyak yang terlalu aktif
  • Keturunan dari orangtua
  • Bakteri di pori-pori kulit

 

Sehingga pengobatan jerawat juga perlu memperhatikan faktor-faktor di atas. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik. 

Jerawat biasanya terjadi karena kulit berminyak dan kotor. Hal ini berlaku sama pada seluruh bagian wajah. Secara ilmu kedokteran, tidak ada penyebab yang terbagi-bagi terhadap muncul jerawat pada bagian tertentu kulit wajah.

Kulit berminyak mudah terindikasi dengan terlihatnya permukaan kulit yang cenderung mengkilap. Pada jenis kulit macam ini, banyak kasus timbulnya komedo dan jerawat. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan kalenjar minyak (sebum) yang sebetulnya berfungsi membantu mencegah kulit dari kekeringan. Namun akibat lingkungan yang penuh kotoran dan debu yang tidak terlihat, kulit berminyak cenderung lebih mudah ‘menangkap’ kotoran dan debu yang tidak terlihat tersebut dibandingkan jenis kulit kering. Sehingga, kulit berminyak cenderung lebih mudah timbul jerawat pada permukaan kulit.

Cara mengatasi kulit berminyak yaitu dengan mencuci muka dengan sabun khusus muka dan air yang mengalir. Cukup basuh wajah dengan air hangat terlebih dahulu untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel, kemudian gunakan air dingin untuk mencuci wajah dengan sabun muka.

Bila perlu, untuk perawatannya dapat menggunakan toner dan astringent yang mengandung alkohol, dan jika perlu, gunakan cleanser cair yang formulanya sangat ringan. Kulit berminyak hampir tidak memerlukan pelembab, apalagi pada usia remaja. Sedangkan untuk mengangkat sel kulit mati Anda dapat melakukan scrub. Lakukan 1x/minggu dan jangan terlalu sering. Berikut artikel yang kami berikan untuk menambah informasi Anda:

Bersihkan wajah dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah 2 kali sehari, terutama sebelum tidur. Jika kulit sedang dalam kondisi berjerawat maka sebaiknya menggunakan pembersih wajah untuk kulit berjerawat dan dengan kandungan pH yang sesuai dengan kondisi kulit.

Kami lampirkan beberapa artikel untuk menambah wawasan Anda terkait kebersihan wajah dan cara mengatasi jerawat:

Perawatan Wajah Berdasarkan Metode

Jerawat, Masalah Sejuta Umat

Mengatasi Jerawat

10 Cara Mudah Mengatasi Jerawat

Cara Mengobati Jerawat

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam kulit sehat,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar