Sukses

Bisul Payudara

09 Mar 2015, 14:58 WIB
Wanita, 29 tahun.

Sore dokter,sy mau tanya.Di sekitar puting payudara sy ada bisul kecil.Awalnya sblm bisul,ada benjolan tepat di bawah puting payudara,bbrpa minggu kmudian benjolannya hilang tpi jd muncul bisul.Awalnya sy kira bisul biasa,sy pencet keluar mata nanahnya&darah.Bbrp mgu kemudian sy kira sdh sembuh&kering trnyata numbuh bisul seperti itu lagi.Keluar nanah&darah juga.Rasanya sk nyeri,smpai2 mau pake bh pun rasanya takut.Sy sdh berobat ke puskesmas,ttp saja kering tpi tumbuh lagi.Sy takut periksa ke rs.Apakah kemungkinan ini berbahaya?Trimakasih dokter.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Sebelumnya ada beberapa hal yang ingin kami tanyakan. Apakah bisul/jerawat tersebut menyebabkan demam? Apakah anda sedang menyusui? Apakah payudara terasa bengkak? 

Keluhan Anda dimana di luar areola terdapat bisul/jerawat. Apabila payudara tidak terasa bengkak, tidak demam, kemungkinan infeksi terbatas pada kulit. Apabila payudara bengkak dan anda demam kemungkinan infeksi sudah mencapai jaringan payudara. dalam dunia medis disebut dengan mastitis. Mastitis, yaitu radang saluran air susu di payudara.

Bagaimana dengan lokasi bisul dengan areola, apakah sangat dekat? Apakah ada kemungkinan bisul akan mengenai mulut bayi? Apabila iya, sebaiknya Anda mengistirahatkan payudara yang ada bisulnya untuk tidak disusukan langsung ke bayi. Namun, ASI tetap harus dikeluarkan dengan cara dipompa. 

Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh.

Obat untuk mengobati bisul, sesuai dengan penyebabnya, adalah antibiotik, bisa berupa topikal (dioleskan) seperti asam fusidat ataupun oral (tergantung jenis furunkel) seperti doksisiklin. Namun sesudah diberikan antibiotik, guna mencegah bisul tersebut kambuh kembali, disarankan untuk menjaga kebersihan daerah tersebut. 

Kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan ditata laksana secara optimal. Pemeriksaan terutama penting untuk mengetahui apakah keluhan Anda adalah bisul biasa atau mastitis.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar