Sukses

Efek Samping Pemakaian Korset
09 Mar 2015, 10:53 WIB
Wanita, 23 tahun.

saya pernah memakai korset sekitar satu setegah tahun, saya tidak tahu jika memakai korset dapat mempersempit rahim. apakah hal tersebut benar?

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Terdapat beberapa risiko menggunakan korset, yaitu :

1. Infeksi Jamur

Pemakaian korset  dapat menyebabkan kulit susah bernapas, kondisi ini diperburuk dengan banyaknya produksi keringat pada saat kita beraktivitas. Alhasil, permukaan kulit menjadi lebih lembab, dan menjadi rumah yang ideal bagi jamur untuk berkembang biak. Timbulnya jamur dapat ditandai dengan warna kulit kemerahan, putih hingga coklat, serta keluhan gatal. Solusinya? Anda dapat menjaga kebersihan kulit dan korset yang dikenakan lebih diperhatikan lagi. Atau lebih sederhana lagi, mengurangi frekuensi mengenakan korset.

2. Eksema

Bahan korset yang terkadang terlalu kasar, akan menimbulkan tekanan berlebih pada kulit, sehingga memicu timbulnya eksema. Kondisi ini ditandai dengan kondisi kulit yang beruntusan atau bentol-bentol seperti digigit nyamuk dan berwarna merah. Bila kondisi ini dibiarkan, bukan tidak mungkin bagian kulit yang tertekan terus menerus akan berubah warna menjadi kehitaman, dan dapat disertai dengan gatal.

3. Gangguan Pencernaan dan Pernapasan

Penggunaan korset dapat menyebabkan rasa tidak nyaman hingga nyeri pada perut, khususnya beberapa saat setelah makan. Tekanan yang disebabkan karena korset dapat menyebabkan peningkatan asam lambung, mengurangi transportasi oksigen ke paru-paru, dan bila ekstrim, dapat berakibat sesak napas.

Rahim normal hanya berukuran kira-kira sebesar kepalan tangan wanita. Rahim juga terletak di bagian dalam tubuh, dan tidak terkena dampak "pengecilan" oleh korset.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar